SHARE THIS ARTICLE
image: kenensokuhou.blog.fc2.com
image: kenensokuhou.blog.fc2.com

Aturan-aturan dibuat untuk dipatuhi yang bertujuan untuk memelihara ketertiban. Sayangnya beberapa negara tidak menuliskan aturan tersebut dengan jelas, melainkan hanya dari mulut ke mulut dan kebiasaan. Nah, untuk memudahkan kalian saat berkunjung, berikut ada aturan unik yang harus dimengerti yang biasanya ada di tempat umum di Jepang.

8. Berdiri di Sebelah Kiri Saat Berada di Eskalator

image: diveintojapan.com
image: diveintojapan.com

Jepang termasuk dalam negara yang padat penduduknya di dalam sebuah kota jadi ada peraturan unik yang mengharuskan seseorang untuk berada di sebelah kiri eskalator untuk berjaga-jaga. Dengan cara ini, seseorang yang sedang terburu-buru akan memiliki jalan untuk naik atau turun lebih cepat. Efisien bukan? Hanya di Kansai saja yang menerapkan aturan sebaliknya yaitu di sebelah kanan.

7. Membiarkan Pintu Lift Terbuka

image: blog.livedoor.jp
image: blog.livedoor.jp

Saat berada di dalam lift, seseorang yang berada paling dekat dengan tombol fungsi biasanya akan membantu yang lain menekan tombol pintu agar terbuka atau tertutup. Selain itu orang tersebut juga akan membantu menekan tombol lantai bila lift terlalu penuh. Pastikan kalian bisa mengucapkan nomor lantainya dengan benar dalam bahasa Jepang ya.

6. Menggunakan “Suara Puteri”

image: en.wikipedia.org
image: en.wikipedia.org

Gambar di atas ini bernama otohime yang bisa diartikan sebagai “suara puteri” dan biasanya ditemui oleh para wanita di dalam toilet umum mereka. Gunanya adalah untuk menyamarkan bunyi-bunyi yang dirasa memalukan dengan meniru suara flush toilet. Cukup aman bukan? Apalagi cara penggunaannya cukup praktis dengan menggunakan sensor tangan.

5. Tempat Payung Basah

image: global.rakuten.com
image: global.rakuten.com

Musim hujan merupakan hal yang biasa di Jepang. Untuk menjaga kebersihan kalian akan menemukan tempat payung spesial yang dapat membuat payung tetap kering saat dibawa masuk. Biasanya hadir di toko, restoran dan perkantoran. Saat ingin keluar lagi cukup buang tempat tersebut di tempat sampah yang sudah disediakan. Bila kalian ingin memilikinya ada juga tempat payung basah yang bisa digunakan berulang-ulang di toko-toko di Jepang.

4. Menggunakan Masker Saat Sakit

image: treealerts.org
image: treealerts.org

Orang Jepang lebih suka untuk mengendus-enduskan hidung mereka daripada harus bersin di depan umum. Selain untuk menjaga agar kuman tidak menyebar, aksi ini lebih kepada menjaga ketenangan di lingkungan yang padat karena suara bersin lebih dirasa memalukan di sana. Alternatif lain adalah memakai masker wajah yang banyak dijual dengan berbagai motif dan ukuran.

3. Tidak Makan Sambil Berjalan

image: commons.wikimedia.org
image: commons.wikimedia.org

Jika kalian sudah di Jepang cukup lama pasti akan memperhatikan sangat jarang orang berjalan sambil makan. Alasannya adalah selain terlihat aneh, beberapa berpikir bila hal tersebut akan membuat orang tidak rapi karena menyimpan sampah makanan bersama mereka sepanjang hari. Tempat sampah sangat jarang ditemukan di tempat umum di Jepang kecuali di toko swalayan. Biasanya aksi makan sambil berjalan ini hanya akan ditemukan saat festival-festival digelar.

2. Tidak Menelepon di Kereta

image: timetravelturtle.com
image: timetravelturtle.com

Peraturan ini cukup tegas dengan ditekankan melalui pengeras suara di kereta-kereta di Jepang. Jadi pastikan kalian membuat telepon berada dalam mode silent atau getar. Andai kata ada yang menelpon, cukup angkat sekedarnya di kereta dan katakan akan menelepon balik. Tidak sopan membuat suara-suara saat bersama dengan orang banyak.

1. Tidak Merokok di Jalan

image: antoniotajuelo.com
image: antoniotajuelo.com

Tempat khusus untuk merokok seperti di gambar atas kerap hadir di jalan-jalan di Jepang karena aturan tidak merokok di tempat umum sangat ketat. Bahkan bisa dikenakan denda yang cukup besar bila melanggar dari semua aturan yang ada di daftar ini.

Aturan di tempat umum di Jepang manakah yang paling unik menurut kalian? Atau yang pernah membuat terkejut saat berada di sana?

Source : All About Japan
COMMENT