SHARE THIS ARTICLE

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara kepulauan yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil dan garis pantai yang panjang. Negara matahari terbit tersebut seperti mempunyai magnet tersendiri bagi wisatawan dunia. Hampir setiap orang yang datang ke sana memiliki tujuan pelesir yang berbeda. Salah satunya adalah untuk menyelam.

Tahukah kalian bahwa Jepang memiliki tempat menyelam yang indah dan unik? Berikut ini adalah informasi mengenai lokasi menyelam terbaik di Jepang.

Pulau Miyako

7-lokasi-menyelam-terbaik-di-jepang-min
(image: i.ytimg.com)

Pulau Miyako terkenal dengan lautnya yang jernih. Di sini para penyelam bisa berenang bersama kura-kura laut serta menikmati panorama terumbu karang. Satu hal yang terbilang unik dari tempat ini adalah banyaknya gua dan terowongan laut yang indah untuk dijelajahi. Satu-satunya cara menuju pulau ini dengan menggunakan pesawat dari Naha atau langsung dari Tokyo.

Pulau Ishigaki

(image: smartrip.jp)
(image: smartrip.jp)

Ishigaki merupakan bagian dari prefektur Okinawa dan berjarak 300 kilometer dari Taiwan. Para penyelam datang dari seluruh dunia ke tempat ini untuk berenang bersama ikan pari manta. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di musim semi hingga musim gugur. Bandara telah dibuka di Pulau Ishigaki sejak 2013, sehingga memudahkan akses untuk menuju ke sini.

Chichijima, Kepulauan Ogasawara

7-lokasi-menyelam-terbaik-di-jepang2-min
(image: echeng.com)

Chichijima terletak 1000 kilometer di selatan kota Tokyo. Tempat ini dikenal sebagai “Galapagos of the Orient” karena tidak pernah terhubung ke benua apapun dan berkembang secara mandiri. Pada tahun 2011, kepulauan Ogasawara terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site. Di tempat ini para penyelam bisa berinteraksi dengan ikan paus, lumba-lumba, dan ikan pari manta. Satu-satunya cara menuju ke tempat ini dengan menggunakan kapal feri selama 25,5 jam dari Takeshiba Sanbashi di Tokyo.

Pulau Yoron

(image: magazine.diviac.com)
(image: magazine.diviac.com)

Pulau Yoron dikelilingi oleh terumbu karang yang penuh dengan kehidupan. Selain itu, pantai pasir putih dengan air yang jernih di sini menjadi salah satu destinasi para wisatawan lokal. Pulau ini merupakan bagian dari Prefektur Kagoshima, walaupun sebenarnya lebih dekat ke Okinawa. Perjalanan menggunakan kapal feri dari Kagoshima memakan waktu 20 jam, sedangkan dari Okinawa hanya 2 jam.

USS Emons, Pulau Kouri

7-lokasi-menyelam-terbaik-di-jepang4-min
(image: owd.jp)

Jika kalian ingin melakukan penyelaman untuk melihat bangkai selam, tempat ini adalah jawabannya. USS Emons adalah kapal Amerika yang ditembak sebanyak lima kali oleh pesawat kamikaze dan kemudian sengaja ditenggelamkan agar Jepang tidak bisa mendapatkannya. Kedalamannya mencapai 34 meter hingga 46 meter di bawah permukaan laut. Hal ini menyebabkan penyelaman ini tidak direkomendasikan untuk pemula.

Pulau Hateruma

7-lokasi-menyelam-terbaik-di-jepang5-min
(image: on-the-reef.com)

Pulau paling terpencil di selatan Jepang ini dapat ditempuh selama satu jam dari pulau Ishigaki. Luas pulau ini hanya 12 kilometer persegi, sangat kecil dan memberi kesan damai. Perairan di sekitar pulau ini menawarkan penyelaman yang spetakuler. Selain itu, para penyelam yang berkunjung juga bisa berjalan santai di pantai yang indah dan menikmati rasi bintang yang tampak di bumi bagian selatan pada malam hari.

Pulau Yonaguni

7-lokasi-menyelam-terbaik-di-jepang6-min
(image: ds-base.com)

Yonaguni adalah pulau berpenghuni paling barat di Jepang. Di sini merupakan tempat menyelam yang bagus untuk bertemu dengan hiu martil. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah bulan November hingga bulan Mei. Yonaguni juga terkenal karena sturuktur batu di bawah lautnya. Beberapa orang percaya bahwa itu adalah buatan manusia, sebagian berpendapat bahwa itu terjadi dengan alami.

Demikianlah beberapa tempat yang menarik untuk menjelajahi keindahan bawah laut Jepang. Buat kamu yang hobi menyelam atau baru ingin menyelam, selalu utamakan keselamatan terlebih dahulu ya!

Source : tsunagujapan.com
COMMENT