SHARE THIS ARTICLE
image: Twitchfilm
image: Twitchfilm

Diskusi tentang film terbaik memang tidak ada habis-habisnya. Apalagi bila berbicara tentang film Jepang yang sarat tentang kultur dan budaya. Di sini kita akan membicarakan beberapa film terbaik yang dapat ditonton sebelum berpetualang ke Jepang, dengan harapan dapat mengetahui sejarah negara tersebut dan memahami seluk-beluk kehidupan di sana. Apa ada di antaranya yang sudah pernah kalian tonton?

1. Nobody Knows / Dare mo Shiranai (2004)

Karya Hirokazu Koreeda ini selalu muncul bila berbicara tentang film Jepang yang bermutu. Nobody Knows dibuat berdasarkan kisah nyata dari empat anak bersaudara yang ditelantarkan ibu mereka selama sembilan bulan di apartemen Tokyo. Film ini pertama kali tayang di Cannes Film Festival 2004 dan langsung menyabet beragam penghargaan bergengsi setelahnya.

nk2

2. Departures / Okuribito (2008)

Bagi orang Jepang, membahas tentang kematian dan segala hal yang berhubungan dengannya adalah tabu. Namun Yojiro Takita mencoba mendobrak anggapan ini dengan Departures, film tentang pemain cello pengangguran yang mendapat penghidupan sebagai noukanshi atau perias mayat pemakaman. Awalnya, film ini sulit sekali untuk tayang di Jepang karena stigma tersebut, hingga beragam penghargaan dari luar negeri datang dan Departures dapat berjaya di negerinya sendiri sebagai film dengan pendapat kotor tertinggi pada tahun tersebut.

departures (1)

3. Tampopo (1985)

Sebuah klasik yang menjadi favorit para penggemar film Jepang. Tampopo bercerita tentang sepasang supir truk yang singgah di warung ramen pinggir jalan. Pertemuan mereka dengan sang janda pemilik warung mengantarkan kepada petualangan pencarian ramen terbaik. Mungkin humor Juzo Itami tidak dapat diterima oleh semua orang tetapi ini adalah film yang memberikan pandangan terhadap obsesi nasional Jepang terhadap ramen.

tampopo-1

4. Zatoichi (2003)

Dari deret panjang film Takeshi Kitano, Zatoichi adalah masterpiece yang menghantarkannya menjadi sutradara papan atas dengan membawa pulang Silver Lion dari Venice Film Festival untuk Best Direction di tahun 2003. Film ini menceritakan tentang ahli pedang buta yang melindungi sebuah kota dari kumpulan Yakuza.

kitano

5. Godzilla / Gojira (1954)

Adakah film yang lebih Jepang daripada Godzilla? Ya, monster serupa dinosaurus hasil karya percobaan nuklir ini adalah ikon pop Jepang sejak kemunculannya di tahun 1954. Lewat aksinya yang destruktif, Godzilla berulang kali beregenerasi dalam berbagai bentuk hingga film terakhirnya di tahun 2014.

_79579764_godzilla1954ap

6. Tokyo Story/ Tokyo Monogatari (1953)

Drama klasik hitam putih ini bercerita tentang pasangan tua yang berkunjung ke Tokyo untuk bertemu anak mereka. Sayangnya, semuanya sudah cukup sibuk untuk kembali memberikan perhatian kepada orang tuanya. Sebuah cerita yang tidak lekang oleh waktu dan wajib ditonton untuk mereka yang memiliki minat serius terhadap film Jepang.

tokyo-story-5439_3

7. Seven Samurai/ Shicihinin no Samurai (1954)

Diskusi tentang film Jepang berkualitas tidak lengkap tanpa menyebutkan Akira Kurosawa. Dari sekumpulan panjang film samurai yang dia pernah ciptakan, ada satu yang paling terkenal dan ternama, Seven Samurai. Epik ini menceritakan tentang sekelompok penduduk desa yang meminta bantuan dari 7 samurai untuk melindungi mereka dari serbuan bandit. Film ini tidak pernah turun dari daftar film terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa.
Seven Samurai_CAROUSEL

Source : insidejapantours.com
COMMENT