SHARE THIS ARTICLE

Ayam merupakan bahan makanan umum yang banyak digunakan dalam berbagai masakan baik di Jepang maupun di seluruh dunia. Tiap negara pasti memiliki masakan khas yang terbuat dari ayam. Jika ada kesempatan berkunjung ke Jepang, tidak ada salahnya untuk mencoba olahan ayam dari negeri sakura tersebut, setidaknya kalian harus mencoba lima masakan ayam Jepang berikut ini.

1. Yakitori

Yakitori merupakan masakan khas yang sangat populer Di Jepang yang berbahan dasar daging ayam. Daging, kulit dan jeroan dipotong kecil seukuran satu kali gigit, lalu beberapa bagian kecil daging tersebut ditusuk dengan bambu lalu dibakar dengan api arang atau gas. Kalau di Indonesia masakan ini mirip dengan sate.

2. Karaage

Karaage adalah ayam goreng yang cara membuatnya mirip dengan pembuatan tempura, teknik memasak ala Jepang di mana berbagai bahan makanan seperti ayam dilapisi dengan tepung gandum atau tepung kentang, lalu direndam dalam minyak panas. Potongan daging ini dibumbui dengan mirin, bawang putih dan jahe. Masakan ini pun sangat mudah dibuat.

3. Chicken Namban

 

Chicken Nanban merupakan jenis ayam goreng yang berasal dari Kyushu. Cara yang sempurna untuk menikmati potongan ayam dengan cuka manis dan saus tartar ketika kalian pergi ke Jepang.

4. Torisashi

Tidak hanya ikan yang bisa dijadikan sebagai sashimi, makanan yang disajikan dalam keadaan mentah. Di Jepang, daging ayam pun bisa dihidangkan dalam keadaan mentah dan segar. Meskipun sekitar 500 orang pergi ke rumah sakit karena keracunan makanan setelah makan torisashi, jumlah orang yang memakan masakan ayam Jepang tersebut tidak pernah berkurang.

5. Ayam Teriyaki

Teriyaki merupakan saus yang dibuat dari campuran bahan dasar seperti, kecap, gula, mirin, sake dan lain-lain. Teriyaki sangat populer di Jepang dan cara memasaknya adalah dengan mengoleskan saus ke bahan masakan utama seperti ayam.

Source : wasa-bi.com
COMMENT