16 Tempat Unik di Jepang yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan Asing


Jepang telah lama menjadi target wisata orang-orang di seluruh dunia yang dikenal dengan keindahan alam dan budayanya. Namun, masih ada tempat-tempat unik yang tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh pendatang di Jepang. Berikut adalah 16 tempat unik di Jepang yang belum banyak diketahui oleh wisatawan asing.


  1. Kubah Breakwater North Port Wakkanai (Hokkaido)

Kubah tua ini dibangun tahun 1936 dan menjadi tempat transit kereta yang akan melewati rute laut Sakhalin. Kubah yang sekilas memiliki bentuk seperti lorong gereja ini berfungsi sebagai stasiun selama 9 tahun dan melindungi kereta dari hempasan angin dan ombak yang kuat di daerah ini. Kubah ini dibangun sepanjang 427 meter, tinggi 13,6 meter, dan didukung oleh 70 pilar raksasa berarsitektur Roma.

  1. Gua Ryusendo (Iwate)

Tempat unik yang satu ini merupakan satu dari tiga gua kapur terbesar di Jepang yang ada di prefektur Iwate. Gua ini diperkirakan membentang lebih dari 5000 meter di bawah permukaan tanah dengan 3600 meter saja yang sudah tereksplorasi. Gua Ryusendo ini dapat diakses untuk umum, namun hanya 700 meter saja dari mulut gua. Terdapat 8 danau bawah tanah yang airnya sangat jernih di gua ini, dan hanya 3 yang diperbolehkan untuk dikunjungi, masing-masing memiliki kedalaman 35, 38 dan 98 meter.

  1. Air Terjun Fukiware (Gunma)

Pemandangan spektakuler akan menanti kalian ketika berkunjung ke tempat yang satu ini. Air terjun Fukiware terbentuk dari beberapa lapisan dasar sungai yang berbeda, menciptakan air terjun dengan ketinggian 7 meter dan lebar 30 meter. Tempat ini terlihat paling indah saat musim gugur berlangsung di Jepang.

  1. Museum Batu Oya

Tempat unik ini sekilas terlihat seperti reruntuhan bawah tanah di mesir, namun sebenarnya ini adalah tambang batu tua di Gunma, Jepang. Sebelum beton marak digunakan di Jepang, batu dari tambang ini digunakan sebagai bahan dasar bangunan. Menurut catatan sejarah, pada tahun 1970-an, batu yang telah digali dari tambang ini sekitar 900.000 ton hanya dalam waktu setahun. Salah satu bangunan terkenal yang menggunakan batu ini sebagai bahan dasarnya adalah hotel Imperial di Tokyo yang didesain oleh Frank Llyod Wright. Sekarang tambang ini telah menjadi museum dan sering digunakan untuk pengambilan gambar atau konser. Suhu di museum ini juga cukup dingin, sekitar 8 derajat celcius sepanjang tahun.

  1. Pulau Aogashima (Tokyo)

Tempat unik ini sebenarnya merupakan pulau terpencil yang berlokasi 358 km di laut Filipina, selatan dari kota Tokyo. Kalian dapat mengakses pulau ini melalui jalur udara selama 2 jam perjalanan atau melalui jalur laut dengan naik kapal feri ke pulau Hachijojima, dilanjutkan dengan helikopter atau kapal kecil untuk sampai ke pulau ini. Pulau terpencil ini, memiliki luas 9 km dengan populasi hanya 170 orang penduduk. Namun, jadwal transportasi untuk pergi ke pulau ini mudah berubah dikarenakan jarak dan faktor alam. Tempat indah yang unik untuk dikunjungi.

  1. Menara Kapsul Nakagin (Tokyo)

Bangunan unik ini didesain oleh arsitek Jepang bernama Kisho Kurokawa yang berlokasi di daerah Ginza, Tokyo. Menara Kapsul Nakagin merupakan bangunan hunian pertama di dunia yang memiliki desain kapsul yang dapat ditukar. Setelah 40 tahun pembangunannya, beberapa kapsul kondisinya sudah tidak baik lagi, namun 144 ruangan masih digunakan untuk keperluan tinggal atau kantor hingga saat ini.

  1. Yagura (Kanagawa)

Yagura merupakan salah satu tempat unik di Jepang di mana terdapat kuburan yang dimasukkan ke dalam gua buatan. Kuburan ini dibuat pada zaman Kamakura yang merupakan salah satu zaman keemasan dari Jepang. Kalian dapat menemukan tempat seperti ini di kuil seperti Kenchoji dan Zeniarai Benten.

  1. Jalur Kereta Oigawa (Shizuoka)

Jalur kereta Oigawa merupakan jalur kereta yang membentang sejauh 39,5 km melewati sungai Oi. Jalur ini dilengkapi dengan kereta klasik yang siap membawa penumpangnya melihat pemandangan yang indah dari sungai Oi. Jalur ini sangat terkenal dengan lereng curamnya oleh para penggemar kereta.

  1. Desa Shimoguri (Nagano)

Merupakan desa unik yang menjadi inspirasi studio Ghibli dalam pembuatan filmnya. Desa ini berlokasi di sebuah lereng curam dengan kemiringan 38 derajat di ketinggian antara 800-1100 meter di atas permukaan laut. Pemandangan di desa yang satu ini sangat memukau.

  1. Gunung Shirouma (Nagano)

Gunung ini merupakan rentetan dari pegunungan yang berada di utara Jepang, sekitar prefektur Nagano dan Toyama, dengan ketinggian 2.932 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung yang unik ini terkenal dengan saljunya yang turun hampir sepanjang tahun dan padang bunganya di musim panas.

  1. Air Terjun 48 Akame (Mie)

Sesuai dengan namanya, air terjun yang ada di prefektur Mie ini berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Jepang karena jumlahnya yang banyak. Pengunjung yang datang dapat menikmati perjalanan di pinggir sungai dan hutan sejauh 4 km dengan pemandangan lebih dari 48 air terjun yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Lima dari air terjun tersebut sangat populer karena pemandangannya yang menakjubkan.

  1. Koyasan (Wakayama)

Koyasan atau gunung Koya merupakan tempat unik di Jepang yang menjadi pusat dari sejarah ajaran Buddha berusia lebih dari 1000 tahun di negeri itu. Suasana di tempat ini sangat sakral, karena diperuntukkan sebagai fasilitas-fasilitas keagamaan seperti kuil dan kuburan. Pemandangan berkabut yang memukau dapat ditemukan di jalan setapak yang ada di gunung ini.

  1. Pulau Kucing Aoshima (Ehime)

Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah dengar tempat unik di Jepang yang satu ini. Pulau terpencil yang berada di prefektur Ehime ini berbeda dengan pulau lainnya yang ada di Jepang, karena jumlah kucingnya yang melebihi jumlah manusia yang tinggal di pulau ini. Jumlah kucingnya 6 kali lebih banyak daripada manusia yang hidup di pulau ini, dan akibatnya pulau ini dijuluki “Pulau Kucing” oleh dunia.

  1. Kastil Takeda (Hyogo)

Kastil Takeda dikenal dengan julukannya yaitu, “Kastil yang berada di langit”, merupakan reruntuhan kastil yang dibangun di ketinggian 353 m pada tahun 1441. Kastil ini mendapatkan julukannya karena terlihat seperti mengambang di atas langit saat dikelilingi oleh awan pagi hari, terutama saat musim gugur. Kastil ini juga disebut oleh warga setempat sebagai Machu Pichu dari Jepang.

  1. Jembatan Tsujunkyo (Kumamoto)

Jembatan Tsujunkyo merupakan jembatan saluran air dari batu terbesar yang ada di Jepang, dengan tinggi 22 meter dan panjang 75 meter. Jembatan unik ini dibangun bersama-sama oleh pemerintah dan warga setempat pada tahun 1854 karena kekurangan air yang melanda di daerah ini. Saat ini, jembatan tersebut masih digunakan untuk irigasi lahan seluas 100 hektar. Terkadang air akan dipancurkan oleh jembatan ini untuk membersihkan pipa yang ada.

  1. Pulau Hashima atau Gunkanjima (Nagasaki)

Satu lagi tempat yang mungkin sudah pernah kalian dengar sebelumnya. Tempat unik ini merupakan salah satu peninggalan dari perang dunia kedua, yang pernah menjadi tambang batu bara yang terkenal di dunia. Tempat ini sudah diterlantarkan pada tahun 1974 dan mendapatkan julukan “gunkanjima” atau pulau kapal perang karena bentuknya yang seperti kapal perang apabila dilihat dari kejauhan. Lokasinya yang tidak jauh dari Nagasaki, sekitar 15 km, membuatnya dapat mudah diakses dengan kapal oleh wisatawan yang ingin berkunjung.

Demikianlah 16 tempat unik di Jepang yang belum banyak diketahui oleh wisatawan asing. Tempat-tempat ini dapat dijadikan referensi alternatif apabila kalian berkunjung ke Jepang. Menarik sekali bukan?

Source : tsunagujapan.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini