10 Anime Yang Tidak Akan Pernah Dilupakan Oleh Anak-Anak Generasi 90-an di Indonesia


Generasi 90-an

Di tahun 90-an sampai dengan 2000 awal, berbagai macam serial anime dari Jepang menjamur di banyak saluran televisi dan jadi  sangat populer di Indonesia. Anime yang lebih dikenal dengan sebutan kartun tersebut berhasil menghibur anak-anak generasi 90-an dengan tontonan yang menarik, bahkan mungkin sebagian besar dari kita masih sangat mengingat totontan ini. Beberapa daftar anime ini juga bahkan ada yang masih eksis dan tetap tayang hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa daftar anime buatan Jepang yang sangat populer di kalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia.

1. Captain Tsubasa

image: captaintsubasa.wikia.com

Captain Tsubasa merupakan salah satu anime bergenre olahraga paling populer sekaligus favorit di kalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia. Anime ini menceritakan tentang sosok anak laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang sangat pandai bermain bola. Bersama tim SD Nankatsu, ia mulai menjuarai berbagai kompetisi hingga bisa bergabung dengan Timnas sepak bola Jepang.

2. Inuyasha

image: myanimelist.net

Di Indonesia, anime yang menceritakan pertualangan seorang siluman bernama InuYasha dan teman-temannya mencari Shikon No Tama serta usaha InuYasha dan Sesshoumaru mengalahkan Naraku ini pernah ditayangkan di beberapa stasiun televisi. Selain anime, salah satu satu lagu ending anime Inuyasha berjudul Fukai Mori yang dibawakan oleh Do As Infinity juga sangat populer di kalangan anak 90-an sampai sekarang.

3. Hamtaro

image: matome.naver.jp

Tingkah lucu dan menggemaskan para hamster dalam anime berjudul Hamtaro selalu mengisi minggu pagi di awal tahun 2000-an. Meski sebenarnya film ini dibuat untuk anak-anak, namun banyak pula orang-orang dewasa di Indonesia yang sangat menyukai film Hamtaro bahkan sampai hafal lagu opening-nya.

Must Read  Heboh Video Doraemon Berbicara Bahasa Minang Membuat Para Netizen Terhibur

4. Chibi Maruko chan

image: atpress.ne.jp

Serial berjudul Chibi Maruko-Chan yang tayang di stasiun televisi swasta di Indonesia ini merupakan anime yang diangkat dari manga populer karya Momoko Sakura. Versi manga-nya sendiri ditulis berdasarkan pengalaman masa kecil sang penulis, bercerita tentang kehidupan sehari-sehari gadis cilik bernama Maruko bersama anak-anak SD di Jepang.

5. Lets & Go

image: warnerbros.co.jp

Siapa yang dulu bela-belain bangun jam 6.30 pagi demi nonton anime ini? Saking populernya Lets & Go, anak-anak di Indonesia saat itu pasti punya berbagai macam mainan Tamiya yang ada dalam serial anime tersebut.

6. Doraemon

tv-asahi.co.jp

Setujukah kalian jika Doraemon menjadi serial anime terpopuler sepanjang masa? Yup, anime yang diangkat dari manga karya mangaka legendaris Jepang, Fujiko F. Fujio ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam hingga sekarang. Kisah persahabatan robot kucing dari abad ke-22 dengan seorang anak laki-laki bernama Nobita ini juga sangat amat terkenal di Indonesia.

7. Samurai X

image: ciatr.jp

Serial anime legendaris lainnya yang masih terngiang-ngiang di ingatan kalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia adalah Samurai X. Serial ini berlatar cerita padamasa lalu di Jepang dan menceritakan sosok samurai bernama Kenshin yang mendapat julukan ‘battosai si pembantai’. Tidak hanya serialnya, sebagian besar dari kita mungkin juga masih hafal dengan lagu opening-nya.

Must Read  Suka Inuyasha? Penembang Fukai Mori Akan Hadir ke Indonesia, Lho!

8. Detective Conan

image: matome.naver.jp

Serial anime Detectif Conan tidak hanya seru, tapi kadang juga menyebalkan, hal ini dikarenakan jam tayangnya  yang hanya sebentar terkadang harus membuat film tersebut berakhir dan berlanjut satu minggu kemudian. Meski begitu, tokoh sang detektif bernama Conan tetap berhasil membius penontonnya di Indonesia.

9. Ninja Hattori

Amazon.co.jp

“Mendaki gunung lewati lembah, sungan mengalir indah ke samudera bersama teman bertualang”, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan lagu ini. Potongan lirik tersebut diambil dari lagu pembuka untuk serial anime Jepang berjudul Ninja Hattori yang memang sangat populer di Indonesia kala itu. Anime yang menceritakan sosok ninja cilik, Hattori dan anak SD bernama Kenichi Mitsuba ini menjadi deretan anime yang paling ditunggu-tunggu di hari minggu.

10. Crayon Shin-chan

image: futabasha.com

Sangat sulit untuk melupakan tingkah lucu, konyol dan suara yang unik dari seorang anak bernama Shin-chan dari anime berjudul Crayon Shin-chan. Meski sempat diprotes karena dianggap memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak, namun anime yang tayang di hari minggu setelah film Doremon ini tetap memiliki tempat khusus di hati penonton Indonesia.

Dari daftar anime di atas, anime apa yang masih kalian ingat sampai saat ini?

(Featured image: myanimelist.net)


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
3
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~

10 Anime Yang Tidak Akan Pernah Dilupakan Oleh Anak-Anak Generasi 90-an di Indonesia

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini