SHARE THIS ARTICLE

Membicarakan Jepang tidak bisa lepas dari manga dan anime-nya. Karena identitas itu begitu melekat, maka di Jepang sudah tidak aneh jika dapat ditemukan museum manga di berbagai daerah. Begitu pula dengan kota Kyoto, kota yang terkenal akan arsitektur tradisionalnya ini telah memiliki museum khusus manga. Museum ini resmi dibuka November 2006 lalu, lokasinya di Nakagyou-ku, Kyoto, Jepang. The Kyoto International Manga Museum dikelola oleh Universitas Kyoto Seika, sebuah universitas seni di Tokyo dan menjalin kemitraan publik-swasta dengan kota Kyoto.

manga_museum_3Pemerintah kota Kyoto menyediakan tanah dan bangunan untuk pembangunan museum ini. Awal mula bangunan museum ini adalah gedung bekas SD Tatsuike, yang dibangun kembali pada tahun 1929. Museum ini dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona galeri, zona penelitian, dan zona koleksi. Dan memamerkan sekitar 300.000 manga untuk dibaca para pengunjung. Selain berfungsi sebagai museum bangunan ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai perpustakaan khusus pecinta manga. Fasilitas yang disediakan antara lain kursi, ruang baca, dan bangku outdoor di mana kalian dapat membaca manga sambil browsing. Selain itu museum ini ikut andil dalam membuka workshop untuk para pemula dan advance yang ingin belajar menggambar manga.

8007021863_3e84bef214_h1220690787_02efac1f14_zmanga-museum-kyoto-8Selain itu, sejarah perkembangan manga juga dipamerkan di zona galeri dari museum ini. Anak-anak juga dapat menikmati museum perpustakaan anak-anak, yang memang dikhususkan untuk pembaca anak-anak dan biasanya dilengkapi dengan aneka pertunjukan. Museum manga ini juga memiliki halaman rumput sintetis di mana anak-anak bisa bermain. Selain itu, kalian juga dapat membeli manga dan suvenir lainnya di toko dalam museum. Museum ini juga memamerkan manga populer Jepang yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

urlKyoto International Manga Museum adalah tujuan wisata populer saat para wisatawan mengunjungi Kyoto. Museum ini menarik sekitar 10% wisatawan setiap tahun.

Kyoto International Manga Museum beroperasi setiap hari (kecuali hari Rabu) pukul 10:00-18:00. Biaya masuknya 800 Yen untuk dewasa, 300 Yen untuk siswa SMA, dan 100 Yen untuk siswa SD.

Jadi, jika kalian termasuk pecinta manga sudah tahu kan tempat paling tepat untuk mengahabiskan waktu liburan kalian?

Source : guidetocountries.com
COMMENT