SHARE THIS ARTICLE

Saat ini ada dua negara yang menjadi penguasa pasar komik dunia yaitu Jepang dan Amerika. Komik-komik Amerika terutama keluaran DC dan Marvel memiliki keunggulan pada kualitas dan detail gambarnya yang bisa dikatakan terbaik saat ini. Secara perlahan komik asal Jepang mulai menggeser popularitas komik Amerika. Walau dengan gambar yang cenderung lebih sederhana dan tidak memiliki detail yang wah seperti komik Amerika, komik Jepang punya kelebihan pada cerita yang lebih memancing imajinasi, faktor kisah yang sulit ditebak dan pelajaran tentang kehidupan. Berikut ini beberapa pelajaran kenidupan yang bisa kita petik dalam komik/manga Jepang.

1. Pantang Menyerah Dan Bekerja Keras

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Manga Jepang, terutama yang bertema pertualangan dan aksi, umumnya selalu menekankan dan menonjolkan sifat pantang menyerah pada karakter utamanya. Mereka selalu bangkit dari setiap kegagalan dan kekalahan yang pernah mereka alami. Setiap kegagalan yang mereka alami selalu dimaknai sebagai pertanda bahwa mereka belum cukup berusaha untuk meraih cita-cita yang mereka harapkan. Sebagai contoh lihatlah Mugiwara Luffy pada manga One Piece, entah sudah berapa kali ia mengalami kekalahan dari musuh-musuhnya tapi ia tak pernah menyerah mengejar mimpinya. Setiap kali kalah ia akan berlatih lagi agar bisa menjadi lebih kuat dari musuh-musuhnya.

2. Tak Harus Jadi Yang Paling Hebat Untuk Jadi Pahlawan

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Tak seperti cerita komik superhero ala Amerika yang menggambarkan jagoan dan pahlawannya sebagai manusia yang sangat luar biasa, Superman contohnya yang hanya punya satu kelemahan yaitu batu kripton, manga Jepang terasa lebih “manusiawi” dengan menggambarkan tokoh utamanya sebagai seseorang yang sebenarnya tidak lebih hebat dari tokoh lainnya. Sebagai contoh tokoh Naruto dalam komik yang berjudul sama, awalnya Naruto bukanlah apa-apa dan merupakan ninja paling bodoh dalam komik tersebut. Semangatnya yang ingin diakui oleh orang lainlah yang mendorongnya untuk menjadi ninja yang lebih hebat dan lebih kuat lagi, sampai pada chapter terakhir yang telah terbit Naruto menurut saya masih bukanlah karakter terkuat karena masih ada karakter lain seperti Madara yang menurut saya jauh lebih hebat.

3. Keluarga Dan Sahabat Adalah Segalanya

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Hampir dalam setiap manga Jepang selalu diceritakan mengenai betapa pentingnya keluarga dan sahabat dalam kehidupan. Sang tokoh utama selalu digambarkan sebagai orang yang memiliki perasaan yang sangat kuat terhadap orang lain yang berada di dekatnya. Contohnya manga Rurouni Kenshin, di Indonesia dikenal dengan Samurai X, dalam manga ini sang tokoh utama, Kenshin, sebenarnya sudah menggantung pedang dan berhenti dari dunia samurai tapi ia rela kembali menjalani kehidupan berliku dan penuh pertempuran untuk melindungi orang-orang yang disayanginya.

4. Milikilah Cita-Cita Setinggi-Tingginya

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Beberapa manga Jepang umumnya mendasarkan ceritanya pada usaha sang tokoh utama mencapai sebuah cita-cita yang mustahil untuk diwujudkan. Hal ini, menurut beberapa penulis komik, memang disengaja agar para pembacanya tidak pernah takut untuk memiliki sebuah cita-cita, walaupun mungkin itu hanya cita-cita yang sepele dan membuat dirinya ditertawakan orang lain. Contohnya ada dalam manga Ahiru no Sora, dalam seri Indonesia kalau saya tidak salah berubah menjadi Sora The Wingless Duck. Dalam manga ini diceritakan mengenai Sora yang berusaha keras mengejar cita-citanya bermain di Interhigh (kejuaraan basket tertinggi untuk tingkat SMA di Jepang) walau banyak orang yang meragukannya karena tubuhnya yang pendek.

5. Tak Ada Manusia Yang Sempurna

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Manga Jepang jarang sekali, bahkan mungkin tidak pernah, menggambarkan sang tokoh utama sebagai sosok yang luar biasa sempurna. Selalu saja ada sisi-sisi buruk, bahkan pada beberapa komik sang jagoan atau tokoh utama terkadang memiliki masa lalu yang kelam. Contoh paling mudah adalah Samurai Deeper Kyo. Dalam komik ini Kyo sang tokoh utamanya dahulunya merupakan seorang pembunuh berdarah dingin.

6. Jangan Melupakan Sejarah Dan Budaya

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang

Dalam beberapa manga Jepang sang pengarang terkadang menjadikan hal-hal nyata yang berkaitan dengan Jepang sebagai bagian dari alur ceritanya. Terkadang sebuah kejadian sejarah, nama pelaku sejarah atau kebudayaan Jepang dijadikan sebagai latar belakang atau bagian dari cerita. Bahkan pada komik anak-anak Shinchan yang bergenre komedi banyak disajikan kebudayaan Jepang seperti acara minum teh, beberapa perayaan dan festival di Jepang sampai pada hal sepele mengenai kehidupan anak Jepang seperti kebiasaan mereka yang pergi kesekolah dengan menaiki bis sejak kecil.

7. Jangan Pernah Melewatkan Kesempatan Yang Datang

Belajar Arti Kehidupan Dari Komik Jepang
Dalam komik Jepang terkadang ditampilkan bahwa kehidupan seseorang akan berubah dengan sangat drastis ketika kita bisa memanfaatkan dan tidak takut untuk menerima peluang yang datang pada kita. Salah satu contohnya bisa kita lihat pada komik Bleach, dalam komik ini awalnya Ichigo sang tokoh utama hanyalah seorang manusia biasa, terlepas dari kemampuannya melihat arwah atau hantu yang telah ada sejak awal karena kemampuan ini tidak terlalu berdampak pada kehidupannya, berubah memiliki sebuah kehidupan luar biasa setelah menerima kesempatan yang ditawarkan padanya untuk membantu menumpas mahluk jahat dengan menjadi Shinigami.
Source : tobeeinspired.blogspot.com
COMMENT