SHARE THIS ARTICLE

Renkon alias akar lotus sering diolah menjadi campuran sup, salad atau keripik. Karena teksturnya keras renyah maka orang Jepang sering menggorengnya dengan balutan tepung. Tidak sulit membuatnya. Apalagi akar lotus juga kaya akan nutrisi. Bikin yuk!

Akar lotus biasa dikonsumsi di Jepang dan Cina. Di Indonesia, banyak dijual di supermarket besar ataupun pasar tradisional. Akar yang bentuknya mirip ubi atau singkong ini punya rongga-ronga di kelilingnya sehingga sangat cantik saat diiria. Mau coba bikin keripiknya? Ikuti langkah ini.

1. Siapkan bahan

Foto: chinesefood.about.com
Foto: chinesefood.about.com

Bahan utama yang harus disiapkan adalah akar lotus segar, garam, nori bubuk, cuka dan minyak. Sebelum akar lotus diiris sebaiknya kupas kulitnya dan cuci bersih. Kelilingnya berlubang mirip pola bunga mempercantik tampilannya.

2. Iris tipis

Foto: tastefood.info
Foto: tastefood.info

Iris renkon atau akar lotus ini tipis-tipis setebal 0,3 cm. Kemudian rendam dalam air yang diberi sedikit cuka masak selama 5-10 menit, agar warna akar lotus tidak berubah menjadi kecoklatan.

3. Keringkan

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Sesaat sebelum digoreng, tiriskan akar lotus lalu lap hingga kering. Biarkan sebentar agar benar-benar kering. Jika masih berair, akar lotus tidak bisa renyah saat digoreng.

4. Panaskan Minyak

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Panaskan minyak banyak dalam wajan hingga 170 derajat C. Suhu ini dipastikan dapat membuat keripik akar lotus jadi lebih renyah. Goreng akar lotus dan pastikan terendam minyak hingga warnanya kuning kecokelatan dan kering benar.

5. Taburi garam dan bubuk nori

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Tiriskan akar lotus dan taburi garam juga nori bubuk hingga merata. Keripik akar lotus ini bisa dimakan langsung atau disimpan dalam stoples kedap udara agar tetap renyah.

Source : food.detik.com
COMMENT