SHARE THIS ARTICLE

aisu kyandee 1

Siapa sih yang tak suka es? Terlebih saat cuaca sedang panas terik, menyantap es bisa membuat badan terasa sejuk. Namun daripada terus menerus membeli es diluar, kenapa nggak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Ada banyak resep es yang mudah dibuat di rumah namun tetap memiliki rasa yang menggoyang lidah. Salah satunya adalah Aisu Kyandee, alias es lilin ala Jepang. Dilansir dari nhk.or.jp, berikut ini resep es lilin ala Jepang yang mudah dibuat oleh pemula sekalipun.

Bahan-bahan (untuk 4 porsi)

Untuk membuat 3 macam rasa, perlu 3 baki cetakan es, masing-masing berukuran 10×20 cm dan tinggi 3 cm. Untuk batangnya, gunakan sumpit kayu sekali pakai.

(Es lilin Susu)

– 4 sendok makan susu kental manis

– 1 cangkir (200 ml) susu

(Es lilin Nanas)

– 4 potong nanas kalengan (140 g)

– 2 sendok makan gula

– 1 cangkir (200 ml) sirup dari kalengnya (tambahkan air jika sirupnya tidak mencapai 200 ml)

(Es lilin Azuki atau kacang merah)

– 200 g Azuki (kacang merah) rebus

– 1/2 cangkir (100 ml) air

– 1 sendok makan gula

Cara memasak

1. Campurkan susu ke dalam susu kental manis, sedikit demi sedikit, campur hingga merata. Tuangkan campuran tersebut ke dalam 1 baki cetakan es. Gunakan sumpit kayu sekali pakai sebagai batang es lilinnya. Sumpit sekali pakai dikemas berupa 2 sumpit yang menempel. Untuk membuat batang es, pisahkan 2 sumpit tersebut lalu potong menjadi 2 menjadi potongan sepanjang sekitar 10 cm. Masukkan 1 batang ke dalam tiap blok dalam baki cetakan es, pastikan ujungnya keluar agar menjadi pegangan. Masukkan baki ke dalam lemari pembeku.

2. Untuk membuat es lilin nanas, potong dadu kecil-kecil nanas dan bagilah merata ke tiap blok baki cetakan es. Larutkan gula ke dalam sirup dari kalengnya dan tuangkan campuran itu ke dalam baki cetakan es. Masukkan batang sumpit ke dalam tiap blok baki cetakan es dan masukkan ke dalam lemari pembeku.

3. Untuk membuat es lilin azuki, campurlah kacang rebus dengan gula dan air. Masukkan ke dalam baki cetakan es bersama batangnya, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin.

4. Biarkan es lilin di dalam lemari pembeku selama 5-6 jam hingga keras. Untuk melepaskan es lilin dari baki cetakan, siapkan baki besar berisi air mendidih. Letakkan baki cetakan es dalam baki yang lebih besar ini selama sekitar 10 detik. Setelah baki cetakan es diangkat, diamkan selama 10 detik lagi. Angkat es lilin dengan memegang batangnya. Kembalikan es lilin ke dalam lemari pembeku hingga saat hendak disantap.

 

COMMENT