SHARE THIS ARTICLE

Udara dingin dan angin kencang bisa membuat tubuh kurang sehat. Udara dinginpun membuat perut lapar terus, menginginkan makanan atau minuman panas untuk menghangatkan badan. Buah yang direbus dalam air teh berempah bisa jadi pilihan pas untuk cuaca dingin.

Foto: Rocket News 24
Foto: Rocket News 24

Saat musim salju, orang Jepang biasanya menyantap oden. Hidangan ini berupa telur rebus, lobak, konnyaku, dan fish cake (sejenis bakso ikan) yang direbus dalam air kaldu dengan rasa shoyu. Namun, oden satu ini rasanya tak gurih, melainkan manis dan beraroma rempah.

Dikenal sebagai Sweets Oden, hidangan ini terdiri dari potongan apel, kiwi, jeruk, dan buah-buahan lain. Adapula gyoza (semacam pangsit rebus) berisi pasta kacang merah dan tiga buah shiratama (bola-bola dari tepung ketan) yang ditusukkan dengan lidi.

Kuahnya merupakan campuran dari teh oolong, olive wine, cengkeh, kayumanis, dan rempah-rempah lain untuk menambah aroma dan rasa. Semuanya direbus dalam hot pot (wadah tanah liat kecil). Untuk mengambil isinya, bisa menggunakan lidi. Kuahnya bisa diambil dengan sendok untuk dituangkan ke dalam mangkuk kecil dan diseruput.

Manis dan asam dari buah terasa harmonis dengan kuah berempah yang menghangatkan Anda sampai ke dalam. Hidangan ini tak terlalu manis namun tak hambar pula, sehingga membuat Anda merasa puas dan segar, bukannya lesu dan kebanyakan gula,” tulis Rocket News 24.

Oden manis tersebut dijual di toko Hong Kong Sweets Kaka yang terletak di dalam Sweets Forest, theme park bertema dessert di Tokyo, Jepang. Kalau Anda berkesempatan mampir ke sini dan ingin mencoba Sweets Oden, jangan lupa memesan terlebih dahulu. Pasalnya, setiap hari hanya ada lima porsi yang disajikan.

Atau, Anda ingin mencoba Sweets Oden versi Anda sendiri? Gunakan saja bahan-bahan yang ada. Mudah dibuat dan cocok untuk mengusir dingin!

Source : food.detik.com
COMMENT