SHARE THIS ARTICLE

Pasti banyak dari kalian yang ingin pergi atau traveling di Jepang. Tapi pernah terpikirkan tidak jika kalian traveling di luar jalur mainstream? daripada menggunakan bus atau kereta untuk menjelajahi setiap sudut kota di Jepang yang mungkin bikin kalian sesekali gelap mata untuk belanja figurine waifu kesayangan kalian, lebih baik kalian coba traveling menggunakan sepeda di Jepang yang relatif lebih murah dan kalian bisa dengan santai melihat keindahan setiap sudut kota di Jepang. Nah, kalau kalian sudah siap, simak cara traveling menggunakan sepeda berikut ini!

Rental Sepeda untuk Traveling di Jepang

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari rental sepeda atau jika kalian berasal dari kalangan ‘sultan’ (darah biru) kalian mungkin bisa membeli sepeda di sana. Rental sepeda bisa kalian temukan di beberapa tempat wisata atau di sekitaran stasiun kereta yang ada di Jepang. Beberapa toko rental sepeda biasanya meminta kalian untuk melakukan deposit sejumlah uang sebagai jaminan atau fotocopy identitas jika kalian hendak menyewa sepeda. Mereka mungkin juga meminta alamat dan nomor telepon kalian.

Traveling di Jepang
Image : www.justin-klein.com

Soal biaya sewa biasanya rental sepeda di Jepang mematok harga 100-300 yen (Rp. 12.000-36.000) per jam, 400-800 yen (Rp. 48.000-396.000) untuk setengah hari, dan 1000-1200 yen (Rp. 120.000-144.000) selama satu hari. Harga tersebut biasanya untuk jenis sepeda dengan tipe Mamachari (“mom’s bicycle“) alias sepeda ibu-ibu.

Jenis sepeda ini yang paling umum di Jepang dan yang ada toko-toko penyewaan sepeda sederhana untuk penggunaan sehari-hari, Mamachari biasanya dilengkapi dengan keranjang di depannya dan kursi boncengan. Untuk jenis lain seperti road bicycles, mountain bikes atau sepeda semi-electric biasanya jarang disewakan, jika ada mungkin harganya akan relatif lebih mahal.

Aturan Bersepeda dan Parkir

Eitss, sebelum kalian mengayuh pedal ada beberapa aturan yang harus kalian taati untuk bersepeda di Jepang. Yang jelas jika kalian bersepeda di Jepang jangan pernah naik ke trotoar, kecuali jika ada tanda yang menunjukan bahwa trotoar bisa digunakan untuk pejalan kali dan pengendara sepeda. Namun kadang ada beberapa pengendara sepeda yang tidak mengikuti aturan ini. Tapi jangan dicontoh ya, jangan buat malu di negeri orang!

traveling-di-jepang-menggunakan-sepeda6

Penggunaan helm untuk pengendara sepeda di Jepang memang tidak diharuskan, namun untuk cari aman kalian bisa menyewa helm juga untuk keselamatan diri sendiri. (Lebih baik kan, daripada kepala kalian benjol jika menabrak tiang listrik)

Baca Juga : Rumitnya Aturan Bersepeda di Jepang

Traveling di Jepang
Image : tofugu.com

Untuk urusan parkir, banyak kota-kota besar, yang menyediakan area parkir sepeda di dekat stasiun kereta api atau pusat perbelanjaan. kalian mungkin juga menemukan area parkir bertingkat khusus untuk sepeda. Wah keren ya! Dan ingat, jangan pernah parkir di sembarang tempat apalagi di zona yang jelas-jelas tidak diperbolehkan parkir atau kalian akan di kenakan denda. Jika kalian terpaksa parkir di area yang tidak seharusnya minimal kalian parkir di tempat yang tidak menghalangi orang lain untuk berjalan.

Baca Juga : Di Jepang, sepeda dapat diparkirkan di ruang parkir otomatis di bawah tanah!

Saatnya ‘Gowes’ dan Mengelilingi Keindahan Jepang

Setelah kalian menyewa sepeda dan memahami aturan bersepeda di atas saatnya kalian menginjak pedal dan menjelajahi keindahan Jepang. Berikut ini tempat-tempat di Jepang yang sangat menarik untuk bersepeda

Shimanami Kaido

Travel di Jepang
Image : www.japan-guide.com

The Shimanami Kaido adalah jalan panjang 60 kilometer yang menghubungkan pulau utama Jepang Honshu ke pulau Shikoku melalui beberapa pulau dan jembatan. The Shimanami Kaido memiliki sebuah jalur khusus sepeda  yang memberikan pemandangan-pemandangan laut Pulau Seto yang menakjubkan.

Kibi Plain

Traveling di Jepang
Image : www.japan-guide.com

The Kibi Plain adalah dataran pedesaan yang berada dari luar pusat Kota Okayama. Yang menarik dari tempat ini, terdapat jalur sejauh 17 kilometer untuk bersepeda yang melewati dataran pedesaan dan kalian juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah dalam perjalanan ini.

Asuka

Traveling di Jepang
Image : www.japan-guide.com

Dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban Jepang, Asuka menawarkan beberapa tempat bersejarah yang menarik dengan pemandangan indah pedesaan-pedesaan-nya. Berkeliling menggunakan sepeda memang sangat cocok untuk menjelajahi Asuka karena lingkungannya yang menyenangkan dan memiliki jarak yang sesuai untuk menikmati pemandangan yang menakjubkannya.

Biei

Traveling di Jepang
Image : www.japan-guide.com

Biei adalah kota kecil di pusat Hokkaido. Pemandangan indah bergulir dari bukit yang mengelilingi kota ini. Membuat kalian merasakan pengalaman bersepeda yang sangat amat menyenangkan, meskipun beberapa orang akan lebih memilih sepeda bertenaga listrik, karena memang Biei memiliki medan yang berbukit.

Kyoto

Traveling di Jepang
Image : visitkyototw.pixnet.net

Bersepeda di sini sangatlah populer di kalangan wisatawan, karena memang Kyoto merupakan kota dengan medan yang datar sehingga Kyoto merupakan kota tujuan yang pas untuk bersepeda ria. Di samping itu kalian juga bisa bersepeda dengan santai di sepanjang Sungai Kamo.

Hagi

Traveling di Jepang
Image : www.japan-guide.com

Hagi merupakan kota bekas benteng di Prefektur Yamaguchi. Kota ini memang sangat cocok untuk bersepeda karena memiliki lebar jalanan yang luas dan tidak terlalu banyak lalu-lalang kendaraan membuat kalian sangat leluasa untuk mengeksplorasi tempat ini.

Baca Juga : Ini Dia Rute Sepeda Paling Keren di Jepang

Pencurian dan Pendaftaran Sepeda

Walapun Jepang merupakan negara yang relatif aman dari tindak kriminal, namun pencurian sepeda memang tidak jarang di Jepang. Untuk mencegah kejahatan, setiap sepeda di Jepang seharusnya telah didaftarkan ke pihak yang berwajib. Jika kalian membeli sepeda baru, proses pendaftaran kemungkinan akan ditangani oleh toko tempat kalian membelinya, tetapi jika kalian membeli dari orang lain, kalian diharapkan untuk mendaftarkan ulang di bawah nama kalian di kantor polisi setempat untuk menghindari kesalahpahaman ke depannya. (Istilahnya jika di Indonesia kalian harus memiliki BPKB atau STNK untuk sepeda hahaha.)

Sebagian besar sepeda dilengkapi dengan kunci pengaman dasar, tetapi kunci pengaman tambahan diperlukan jika sepeda kalian tidak ingin raib di Jepang.

Travel di Jepang
Image : www.japan-guide.com

Nah, jadi bagaimana tertarik untuk traveling di Jepang menggunakan sepeda? Kalau tertarik, siap-siap untuk menabung dahulu untuk transportasi dan akomodasi berangkat ke Jepang. Bagi yang sudah pernah traveling di Jepang menggunakan sepeda boleh lho kalian share pengalaman kalian di komentar di bawah ini!

Source : Japan Guide
COMMENT