SHARE THIS ARTICLE
Dok. Thinkstock
Dok. Thinkstock

Bagi penggemar makanan Jepang, tentu Anda mengenal salah satu menunya yang cukup populer, yaitu chuka wakame. Makanan ini disantap sebagai appetizer, terbuat dari jenis rumput laut yang terkenal di Jepang. Bentuknya panjang dengan tekstur kenyal, dan biasanya diberi bumbu khusus dengan rasa gurih asam yang lezat.

Secara umum, rumput laut ini dinamakan kelp yang masih termasuk dalam keluarga alga atau ganggang. Tanaman ini tumbuh di perairan dangkal air asin. Selain rasanya lezat, rumput laut khas Jepang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Kaya Nutrisi
Kelp mengandung 46 jenis mineral, 11 vitamin dan 16 asam amino. Beberapa nutrisi yang banyak dikandung rumput laut ini di antaranya vitamin A, kalsium, niacin, iodine, zat besi, potassium, fosfor, dan sebagainya. Rumput laut juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.

2. Mengatur Fungsi Tiroid
Karena mengandung banyak iodin, atau lebih dikenal dengan yodium, rumput laut ini berkhasiat mengatur fungsi kelenjar tiroid. Yodium juga bisa menyeimbangkan produksi hormon tiroid yang bertugas mengatur metabolisme tubuh dan menjaga tingkat energi.

3. Membantu Penurunan Berat Badan
Salah satu fungsi utama kelenjar tiroid adalah mengontrol metabolisme tubuh. Kekurangan yodium bisa memperlambat metabolisme hingga 50 persen, menghalangi kemampuan tubuh untuk berfungsi dengan semestinya dan membakar energi. Menjaga kadar yodium di dalam tubuh dengan mengonsumsi kelp bisa membuat metabolisme tubuh tetap seimbang bahkan mempercepatnya. Metabolisme yang baik, berarti mempecepat pembakaran energi dan menurunkan berat badan.

4. Mencegah Dehidrasi
Membuat sup atau makanan berkuah dengan rumput laut di dalamnya bisa membantu merehidrasi tubuh dengan cepat. Setelah Anda berolahraga atau melakukan aktivitas berat yang banyak mengeluarkan keringat, minum sup rumput laut jadi pilihan yang lebih sehat ketimbang mengonsumsi minuman energi atau sports drink. Selain itu rumput laut jenis kelp ini juga mengandung garam alami yang membantu tubuh menyimpang cadangan air dan menghantarkannya ke sel-sel tubuh.

5. Batasi Konsumsinya
Rumput laut memang makanan sehat dan sangat bernutrisi, namun bukan berarti Anda bisa makan sebanyak-banyaknya. Terlalu banyak asupan yodium di dalam tubuh bisa memberi dampak negatif yaitu membuat produksi hormon tiroid tidak seimbang. Akibatnya, Anda bisa mengalami hipotiroid (kekurangan tiroid) atau hipertiroid (produksi tiroid berlebihan).

Source : wolipop.detik.com
COMMENT