SHARE THIS ARTICLE

anipov - bike tech 01

Jaman dulu, anak-anak seringkali menaruh manik-manik plastik kecil di jari-jari sepeda mereka agar nampak “bercahaya”. Kini nampaknya anak-anak itu telah beranjak dewasa dan belajar mengenai optik.

Manik-manik plastik telah diganti dengan lampu LED tersinkronisasi yang menghasilkan animasi berwarna-warni saat roda sepeda berputar. Tidak hanya itu, kita akan dapat membuat animasi sendiri di komputer dan meng-upload-nya pada sepeda kita dengan teknologi ANIPOV, yang akan dijual mulai akhir bulan Januari 2013.

Paket dasar yang dijual seharga 18.900 yen (220 dolar) terdiri dari dua unit LED, magnet positioning, dan software animasi. Magnet positioning menempel ke bingkai roda sehingga lampu tahu arah ke atas. Hal ini memungkinkan gambar yang stabil untuk mereka yang melihatnya, sementara roda berputar.

Setiap unit LED terdiri dari deretan 32 lampu LED penuh warna di setiap sisi (total 64 lampu). Walau secara teori mungkin saja menggunakan satu unit LED, hal itu akan menyebabkan keseimbangan roda menjadi hilang. Menggunakan dua unit menyebabkan animasi yang dihasilkan lebih halus dan keseimbangan roda pun terjaga.

Kita dapat memasang unit LED tambahan untuk kualitas animasi yang lebih alami. Tiap unit tambahan dijual dengan harga 9.800 yen (114 dolar).

Menggunakan software yang disediakan dan menghubungkan unit LED melalui USB, kita dapat meng-upload animasi kita sendiri hingga 150 frame. Di bawah ini adalah sebuah video demonstrasi, namun perhatikan bahwa agak sulit unutk menangkap efek yang dihasilkan menggunakan kamera dan film. Setelah operator kamera mengubah kecepatan pengambilan gambar, baru efek yang dihasilkan dapat terlihat dengan lebih jelas.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=BHChRQbKuGw]

Itu karena nama ANIPOV adalah gabungan dari “animation” dan “persistence of vision”, yang merupakan teori optik dasar di balik animasi, film, dan televisi. Persistence of vision memiliki teori bahwa mata kita memiliki “memori”, dan jika gambar-gambar yang ditampilkan dapat berubah lebih cepat dari memori tersebut, maka mereka akan kelihatan seperti bergerak.

Unit LED tersebut digerakkan menggunakan baterai AAA dan pembuatnya menyatakan bahwa untuk saat ini teknologi ini tidak tahan terhadap air, baik lewat hujan maupun banjir. ANIPOV berfungsi pada roda standar 26 inchi. Roda akan didistribusikan oleh Trump Co. dan dikembangkan oleh Sun & Moon Laboratory dengan bantuan BitTradeOne.

anipov - bike tech 02

anipov - bike tech 03

Selain dari sisi gayanya, lampu-lampu ini dapat meningkatkan keselamatan kita dengan membuat kita lebih terlihat oleh mobil yang lewat. Walau teknologi ini akan membuat pengendara sepeda lebih aman, mungkin hal ini akan membuat para pengemudi mobil menabrak lampu pinggir jalan karena terlalu lama menatap roda-roda yang menyala ini.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=iBfaGEGOO18]

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=ktigXQm1bI4]

source : anipov.jp, s-m-l.org

via : en.rocketnews24.com

COMMENT