SHARE THIS ARTICLE

IMG_9543

Setelah sukses di Kota Medan dan Surabaya, Cosplay Live Action Show Hybrid (CLAS:H) kali ini menyambangi Yogyakarta. CLAS:H yang merupakan ajang bergengsi bagi para cosplayer ini memasuki gelaran kelimanya.

Acara ini bertempat di gedung auditorium MMTC Yogyakarta. Sebanyak 9 tim Semifinalis Cosplay Nation Competition region Jawa Tengah yang telah lolos seleksi sebelumnya mempertontonkan aksi mereka. Tim Gosekai yang menampilkan Battle Red Sentai, Tim A-Le Dio dengan Deco Online-nya, Tim a-VF-nger unjuk gigi dengan kostum Satria Garuda Bima, Tim CCT (Crazy Cosplay Team) meng-cosplay-kan Aura Kingdom, Tim JRC (Jaico Revolution Cosplay) menampilkan Dynasty Warrior -Bloody Lantern, Tim Bungah Team B mempertunjukan aksi cosplay Kamen Rider Ryuki, lalu ada Tim Gagal MoveOn yang meng-cosplay-kan Monster Hunter, Tim Blue Crimson dengan aksi Guilty Gear 2 Overture-nya, Tim JAICOntoru menampilkan Saint Seiya Omega: Pegasus Kouga’s Hesitation serta Tim Ntoru yang beraksi cosplay Log Horizon.

IMG_2714 IMG_2920 IMG_2984

Para juri dalam CLAS:H region Jawa Tengah ini adalah Stella Cornelia, Diasta Priswarini, Yukari Shimotsuki dan Konnichi Kurenai (cosplayer internasional) serta Ryan dan Dharma CLAS:H 2013 Champion. Yukari, yang berasal dari Jepang sempat mengomentari perbedaan antara dunia cosplay Indonesia dengan cosplay dari negara asalnya. Menurut Yukari, cosplay performance di Indonesia sangat berkembang di banding di Jepang, di Jepang cosplayer lebih suka melakukan private photo session dibanding perform di atas panggung. Karena hal itulah menurut Yukari, Indonesia selalu mampu tampil mengejutkan dan memukau dalam berbagai ajang cosplay internasional yang diikuti.

IMG_2757 IMG_2655 IMG_3106

Selama acara berlangsung para penonton nampak sangat antusias. Terbukti dari penuhnya venue yang disediakan. Riuh rendah teriakan histeris dari para penonton turut mengiringi penampilan dari para semifinalis.

IMG_2644

IMG_2646

Dalam event CLAS:H Jogja ini juga menampilkan special performance dari Yukari Shimotsuki dan Konnichi Kurenai dengan performance yang baru pertama kali ditampilkan berjudul “CLASH“. Stella Cornellia turut menyumbangkan suara merdunya dalam CLAS:H Jogja 2014 ini. Kemudian ada pula aksi Diasta & 1000% Boyz yang  turut menyemarakkan acara. Lalu ada aksi cosplay cabaret dari tim The Empire-ing, Tim Anata J-Community, Tim Albatros Force, serta Bungah Team. Penampilan enerjik dari para dance cover Albeats, BRK13 dan Reiji-Jaico tak mau kalah turut memeriahkan acara.

Setelah melewati proses penilaian para juri, akhirnya diumumkan juara Cosplay Nation Competition region Jawa Tengah. Mereka adalah Tim Blue Crimson aksi Guilty Gear 2 Overture serta Tim a-VF-nger yang menampilkan aksi Bima Satria Garuda. Peserta yang menang akan unjuk gigi dalam babak final CLAS:H nasional pada bulan Juni nanti.

IMG_3186

Berikut keseruan yang terekam dalam kamera tim liputan kami:

COMMENT