SHARE THIS ARTICLE

Sugoi! Robot Hatsune Miku sedang dibuat oleh mahasiswa Jepang!Wah, beberapa waktu yang akan datang para otaku sepertinya akan mengganti dakimakura (bantal peluk bergambar karakter anime) mereka dengan robot nih, karena Hatsune Miku yang merupakan ikon Vocaloid akan segera hadir ke dunia nyata melalui robot yang sedang dibuat oleh seorang mahasiswa Jepang!

Seperti dilansir dari animenewsnetwork.com, robot yang baru-baru ini dikembangkan di Jepang tersebut diciptakan oleh seorang mahasiswa tahun kedua dari Kwansei Gakuin University bernama Takuma Takemoto. Mahasiswa berumur 23 tahun tersebut mampu membuat robot berukuran manusia ciptaannya ini memiliki berbagai fitur, salah satunya menjadi seekspresif yang ia bisa buat untuk terlihat seperti penyanyi idola virtual tersebut.

Takemoto ingat saat ia menonton konser idola virtual tersebut di layar. Pada tahap awal pengembangan Miku-bot, ia berkata, “Saya tidak bisa bahagia hanya dengan menjadi penggemar saja. Saya ingin Hatsune Miku hadir di sini di dunia nyata.”

Robot bernama Miku-bot ini mampu membaca berbagai perubahan wajah dari operatornya dan menghasilkan berbagai ekspresi tiga dimensi secara real time dengan menggunakan kamera built-in. Robot ini bahkan dapat menolehkan kepalanya untuk lebih meniru berbagai gerakan ekspresif operatornya berkat suatu mesin/motor yang diinstal ke lehernya.

Bukan Miku namanya kalau tidak bisa bernyanyi. Dengan menyenandungkan suatu nada ke mikrofon built-in-nya dan memasukkan lirik melalui keyboard, Miku-bot ini tentu saja bisa bernyanyi setelah diaktifkan.

Takuma berharap dapat menciptakan karakter virtual robot lain dan bahkan mampu membuat mereka menari dengan teknologi yang lebih jauh di masa depan.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT