SHARE THIS ARTICLE

Manglobe BangkrutMengingat kita baru saja menikmati anime hasil produksi studio ini season summer lalu, yaitu Gangsta. (baca review Mimin di sini, ya), dan dengan kontrak keterlibatan mereka dalam produksi film Genocidal Organ mendatang, kabar bangkrutnya studio Manglobe cukup mengejutkan. Dengan situs Manglobe (manglobe.net) yang menampilkan Forbidden 403 error saat diakses, rumor lantas kencang berseliweran di forum 2ch mengenai kebangkrutan studio ini, diikuti dengan sejumlah sutradara yang membicarakan hal ini serta perihal perusahaan ini kini telah tutup di jejaring sosial Twitter.

Manglobe Bangkrut Genocidal Organ tumblr
Image Source: tumblr.com

Studio animasi yang mencuri perhatian lewat Samurai Champloo di tahun 2004 ini rupanya bangkrut karena terlilit hutang, setidaknya demikianlah yang diungkapkan oleh tweet animator Toshio Kobayashi (SNIPES, effect animation director Mobile Suit Gundam UC), meskipun sang animator kemudian menghapus tweet tersebut. Selain mengunggah permohonannya untuk mendapatkan pekerjaan baru secepatnya, Kobayashi juga menyatakan bahwa Manglobe tak bisa membayar gajinya untuk bulan ini dan bulan depan.

Manglobe Bangkrut Samurai Champloo radiomanga.net
Image Source: radiomanga.net

Satu lagi animator lain, Hideto Komori (sutradara Hayate the Combat Butler! Heaven Is a Place on Earth) juga menyuarakan pengalaman serupa yang menyuarakan keterkejutannya saat ia menerima e-mail konfirmasi mengenai ketidakmampuan perusahaannya (meski tak ia sebutkan) untuk menggajinya. Ia tak bisa mengakses situs resminya (situs resmi Manglobe down terhitung Rabu kemarin), dan kini harus mencari pekerjaan baru, meskipun masih terus berusaha mencari jalan akan bagaimana ia bisa menarik bayaran yang menjadi haknya dari perusahaan yang telah bangkrut.

Sources :
COMMENT