SHARE THIS ARTICLE

Akhir-akhir ini makanan berwarna hitam tampaknya tengah menjadi tren di Jepang. Setelah Burger King mengeluarkan burger hitam (hingga kejunya pun berwarna hitam), McDonald’s pun mengeluarkan burger berwarna hitam (namun dengan keju biasa). Bagi kalian yang penasaran dengan rasa burger hitam namun sulit untuk mencarinya disini, jangan dulu iri pada mereka yang tinggal di Jepang. Buat saja burger kalian sendiri melalui resep berikut ini.

1a

Resep ini dibagikan oleh seorang pengguna 2ch, sebuah webforum terbesar di Jepang, yang lalu dibagikan oleh Kotaku (7/11/14). Sekilas langkah-langkahnya mungkin terasa rumit, namun semakin sering kalian mencoba, kalian akan semakin terbiasa dan mahir.

Langkah pertama, kumpulkan dulu bahan-bahannya. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di supermarket dekat rumah kalian. Contohnya, pengguna 2ch ini menggunakan 100% daging sapi Jepang untuk burger-nya, namun kalian bisa menggantinya dengan daging sapi lokal.

1b cpwtjmjxtdc4scrusb7n

Karena resep ini adalah resep burger hitam, jadi mari kita mengetahui cara-cara untuk membuat roti berwarna hitam. Bahan yang paling penting adalah cumi-cumi.

1c wcsdvoumorhocj7u2d1v

Nah, inilah cumi-cumi itu. Karena burger hitam memiliki saus berwarna hitam, yang terbuat dari tinta cumi-cumi, jadi kalian harus mengeluarkan tinta dari cumi-cumi ini. Kalian lihat ada tinta hitam di dekat benda berwarna oranye? Itulah tintanya.

1d xbzqrjtaj3q9vqbwdzdt

Kini kalian memiliki kaki cumi di sisi kanan, dan di mangkok kiri itulah tinta cumi.

1e njkjnokr3k8ntvosi0el

Langkah selanjutnya adalah menambahkan saos dan cuka dalam tinta cumi, begitu juga dengan garam dan merica untuk menambah rasa.

1f lrbonj6vi7d7seugrq2i

Campurkan semua bahan hingga kalian mendapatkan saus berwarna gelap seperti gambar di bawah ini. Saus ini nantinya akan dioleskan pada burger.

1g tapjuq8efuiysh1f2idf

Nah, sekarang saatnya membuat roti. Roti hitam mendapatkan warna hitamnya dari arang bambu (takesumi), jadi siapkan beberapa arang bambu dan giling hingga menjadi bubuk halus.

1h t2ufme2euntymnqyegnz

Di Jepang, takesumi digunakan untuk memasak. Jadi tidak aneh jika ada masakan yang dibuat menggunakan arang bambu.

1i kku5nijjx0pe7u51vd3k

Selanjutnya, tambahkan air sehingga menjadi larutan berwarna hitam.

1j ssraatqcughkra8ohemz

Tuangkan larutan hitam tersebut ke dalam tepung untuk membuat roti.

1k p3kibz4wlmcdenqfejck

Uleni selama kira-kira 20 menit dan kalian akan mendapatkan bentuk seperti ini.

1l l5vn8z6ctwh1nokxhv8c

Diamkan selama 1 jam.

1m jjwrowev5nxucyuqsflx

Bulatkan adonan menjadi berbentuk seperti roti burger, lalu oleskan telur di bagian atasnya.

1n lwpqoafv2bdmx1yqkjva

Panggang di suhu 180 derajat Celcius selama 15 menit.

1o yeq2p27whhodm3q3bel9

Oleskan saus tinta cumi di bagian bawah roti.

1p sxfxawqnehqqzg3evvfg

Tambahkan daging, bawang, saus bawang pedas, keju, selada, paprika, saus mayones, dan ta-daa…

1q btgd6raeavbut2r1p1s3

Jadilah burger warna hitam ini!

1r scaktx4zh684vmyyc6bq

Ngomong-ngomong, kalian jangan terlalu terpaku dengan isian burger ini. Kalian bisa mengisinya dengan variasi yang kalian suka, seperti menambahkan ekstra keju, smoked beef, dan lain sebagainya. Selamat makan!

1s mpbvzqkswu5xt22yzjrc

Source : kotaku
COMMENT