[SPECIAL INTERVIEW] Wawancara Dengan Sakura Gakuin di Tokyo, Jepang


Sakura Gakuin

Sakura Gakuin adalah Adolescent Limited Unit yang berasal dari Jepang. Unit ini dibentuk pada tahun 2010. Keunikan dari unit ini adalah mereka menggunakan School Entertainment sebagai temanya. Bersamaan dengan kelulusannya dari SMP, maka anggota kelas 3 SMP Sakura Gakuin juga akan lulus dari grup tersebut dalam suatu acara kelulusan.


Pada akhir tahun lalu, tepatnya pada tanggal 19 Desember lalu, Japanese Station mendapat kesempatan  untuk mewawancarai Sakura Gakuin di Tokyo, Jepang. Pada saat itu, ada 4 orang anggota Sakura Gakuin yang berkesempatan hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Japanese Station, yaitu Sara Kurashima yang duduk di kelas 3 SMP dan juga berlaku sebagai Ketua Murid, Maaya Asou dan Yuzumi Shintani yang duduk di kelas 1 SMP, serta Tsugumi Aritomo yang duduk di kelas 6 SD. Seperti apa sih keseruan wawancaranya? Yuk simak di bawah ini!

Dari kiri ke kanan, Sara Kurashima, Tsugumi Aritomo, Yuzumi Shintani, dan Maaya Asou

Sakura Gakuin menggunakan sekolah sebagai konsepnya. Bagi para anggota sendiri, sekolah itu hal yang seperti apa,sih?

Sara: Yang pasti, yang pertama dan utama, sekolah adalah tempat untuk belajar, namun, di samping belajar, kita bersatu dan menghadapi tantangan bersama dengan teman. Selain itu, kita juga membina hubungan dengan mereka, dan lain sebagainya, sehingga, saya rasa sekolah juga adalah tempat belajar hal penting di samping pelajaran.

Tsugumi: Saya merasa, sekolah bukan hanya untuk mempelajari pelajaran, namun juga untuk mempelajari pentingnya persahabatan dengan teman.


Yuzumi: Saya merasa bahwa sekolah adalah tempat di mana saya bisa belajar dengan teman dan bisa berkembang dengan menyenangkan.

Maaya: Belajar memang penting, tapi saya merasa bahwa sekolah juga adalah tempat untuk merawat persahabatan yang berharga dengan teman.

Tolong jelaskan, sebenarnya Melodic Solfege adalah lagu seperti apa?

Sara: Lagu Melodic Solfege ini termasuk dalam “Seri lagu yang bisa membuat pintar” milik Sakura Gakuin, dan adalah salah satu lagu yang hanya dengan didengarkan bisa membuat semakin pintar. Kebetulan, kali ini temanya adalah musik klasik. Sebelum ini, kami juga punya lagu yang bertema matematika yang berisi cara mengingat rumus menentukan luas segitiga, dan sebagainya. Di lagu ini, hanya dengan mendengarnya saja, akan mendapat banyak pengetahuan seperti judul lagu klasik, nama pencipta lagu, dan kisah di balik lagu itu, yang orang dewasa pun mungkin belum tahu.

Tsugumi: Di lagu ini, kita bisa tahu mengenai judul dan pengetahuan mengenai lagu yang kita mungkin tidak tahu walaupun lagunya sudah pernah kita dengar.

Yuzumi: Di lagu ini, kita bisa dengan mudah belajar nama sampai sifat para pencipta lagu bersejarah. Lagunya juga menarik karena aransemennya berubah-ubah tergantung pencipta lagu yang dijelaskan.

Maaya: Cukup dengan mendengar satu lagu ini, karena di dalamnya terdapat bermacam-macam lagu klasik, dengan mengingat satu lagu ini saja, kita dapat mengingat banyak sekali pencipta lagu.

Lagu apa yang akan kalian rekomendasikan untuk didengar oleh mereka yang belum pernah mendengar lagu karya Sakura Gakuin sebelumnya?

Sara: Saya ingin merekomendasikan lagu yang berjudul “School days“. Ada beberapa di antara lagu Sakura Gakuin yang menggunakan paduan suara, termasuk lagu ini. Saya rasa saat ini tidak banyak unit yang melakukan paduan suara. Selain itu, bagi kami, lagu ini seperti lagu sekolah kami, di setiap liriknya tertanam berbagai perasaan kami, jadi, tolong dengarkan, ya!

Tsugumi: Saya merekomendasikan lagu “Yume ni Mukatte“, karena ini adalah lagu pertama Sakura Gakuin, dan di dalamnya tertanam perasaan para senpai.

Yuzumi: Saya merekomendasikan lagu “Makeruna, Seishun Hizakozo. Di lagu ini, ada banyak poin menarik seperti lirik lagu yang hanya ada di Sakura Gakuin, dan juga gerakan tariannya. Karena itu, saya sangat suka lagu ini!

Maaya: Lagu yang akan saya rekomendasikan adalah “FLY AWAY. Lagu ini menggambarkan perasaan yang dirasakan saat pertama kali masuk sekolah. Karena lagu ini adalah lagu yang membuat mengerti, “Sakura Gakuin ternyata tempat seperti ini, ya”.

Di antara lagu-lagu Sakura Gakuin sampai saat ini, lagu mana yang paling membekas dalam ingatan?

Sara: Bagi saya, lagu yang paling berkesan adalah “I・J・I“. Lagu ini pertama dirilis pada musim panas di tahun saya masuk ke sini. Pada saat itu, ada satu bagian tarian di lagu ni di mana saya dipuji oleh sensei. Saya waktu itu sangat senang, sehingga pada saat latihan, saya terus mengulang-ulang bagian itu, sehingga lagu inilah yang paling membekas di kenangan saya.

Tsugumi: Lagu yang paling membekas di kenangan saya adalah lagu “School days“. Di salah satu bagian gerakan di lagu ini, ada adegan stop motion. Bagian itu sangat menyenangkan untuk dilakukan, dan saya ingin para penggemar juga melihatnya.

Yuzumi: Kalau saya, lagu “FRIENDS“. Ini adalah lagu yang pertama kali saya tarikan pada upacara penerimaan. Selain itu ada banyak bagian dari lirik lagu ini yang membuat saya berempati. Saya benar-benar menyukai lagu ini!

Maaya: Kalau saya, lagu yang berjudul “Marshmallow Iro no Kimi to“. Dalam salah satu gerakan di lagu ini, ada gerakan ini, seperti melempar sesuatu. Apa yang dilempar, tiap tahunnya berbeda-beda, dan untuk tahun ini, diputuskan akan melakukan gerakan seperti melempar bulu. Di bagian tersebut, saya merasa hati kami semua menjadi satu, sehingga saya sangat menyukainya.

Belakangan ini Sakura Gakuin mulai melakukan live-streaming acara TV secara reguler, biasanya pada live streaming tersebut, apa yang dijadikan topik pembicaraan?

Sara: Pada acara TV reguler tersebut, biasanya kami menceritakan tentang kegiatan sekolah, atau hal yang terjadi di Sakura Gakuin kepada para penonton. Selain itu, dalam acara tersebut sering juga ada cerita yang bahkan para anggota pun tidak tahu, sehingga acara tersebut juga sangat kami nanti-nantikan.

Tsugumi: Biasanya, kami menceritakan hal-hal yang belakangan ini terjadi, atau perkembangan-perkembangan kami kepada para penonton.

Yuzumi: Biasanya kami menceritakan secara menyenangkan mengenai mengenai hal-hal yang sedang heboh atau sedang tren di antara anggota Sakura Gakuin.

Maaya: Di acara tersebut, kadang-kadang kami mengadakan kelas dalam bentuk kuis. Di dalamnya, kita belajar dengan menjawab menjawab berbagai macam pertanyaan. Sangat menyenangkan karena kadang, ada anggota yang memberikan rentetan jawaban aneh.

Apa cita-cita kalian?

Sara: Saya bercita-cita menjadi aktris di masa depan, sehingga saat sekarang saya di Sakura Gakuin pun saya mencuri ilmu peran dari angota yang jago akting, dan saya berusaha keras demi impian itu. Saya ingin bisa menjadi aktris multitalenta yang bisa berbagai peran, jadi setelah saya lulus dari sini bulan Maret nanti pun, saya akan berjuang keras demi impian itu.

Tsugumi: Saya ingin menjadi super lady yang walaupun tidak bisa bertukar kata dengan orang asing, namun bisa membuat mereka memahami perasaan saya.

Yuzumi: Saya sangat mengagumi Ayaka Miyoshi yang sudah lulus dari sini. Saya ingin menjadi super lady yang dapat melakukan berbagai hal, dari jadi aktris sampai jadi model.

Maaya: Saya bercita-cita menjadi seorang aktris. Saya ingin menjadi seorang aktris yang memiliki kemampuan akting yang sangat, sangat, sangat bagus, yang bisa membuat penonton tersenyum atau terharu.

Di antara aktivitas-aktivitas Sakura Gakuin sampai sekarang, tolong ceritakan yang paling berkesan bagi kalian

Sara: Di dalam Sakura Gakuin ada kegiatan dengan sedikit jumlah anggota, yang disebut bukatsudo (klub), salah satunya ada yang bernama Kagaku Kyumei Kiko LOGICA. Salah satu anggota unit ini, Momoko Okazaki, pernah suatu ketika salah membaca LOGICA menjadi LOGACI. Hal tersebut adalah suatu hal yang sangat lucu bagi saya.

Tsugumi: Pada saat penampilan kami di Tokyo Idol Festival di musim panas, kami membawakan lagu message” di Sky Stage. Saat itu banyak penggemar yang melambaikan bendera. Venue yang menjadi lautan warna pink saat itu sangat berkesan bagi saya.

Yuzumi: Yang menarik menurut saya, adalah ketika pada suatu hari, Ketua Murid Sara Kurashima ini, bersama dengan Aiko Yamaide menyanyikan lagu “Kobuta~ tanuki~ kitsune~ neko~ kobuta” (anak babi~ luwak~ rubah~ kucing~ anak babi). Pada saat mendengarnya, Sara-chan baru menyadari bahwa kata-kata di lagu itu bersambungan. Lucu sekali bahwa dia baru sadar tentang hal itu pada saat itu.

Maaya: Kalau saya, dibanding hal yang lucu, mungkin lebih ke menyenangkan, ya. Pada upacara kelulusan tahun lalu, pada upacara kelulusan tahun 2015, di lagu terakhir, ada special effect di mana confetti berwarna perak dihamburkan ke arah bangku penonton. Pada saat tampil, saya sedang berkonsentrasi penuh dengan tarian, jadi saya lupa sama sekali akan hal itu, eh, tahu-tahu confetti itu berhamburan, dan saya kaget sekali dibuatnya. Sungguh menyenangkan!

Apa yang kalian rasakan jika melihat kembali perjalanan kalian di tahun ini?

Sara: Sejak saya ditunjuk menjadi ketua murid pada upacara penerimaan pada Mei tahun ini (2016),  saya jadi merasa bahwa jalannya waktu menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Saya sampai kaget, tidak terasa bahwa sekitar 3 bulan yang akan datang, saya sudah akan lulus. Setiap kali kami melakukan pertunjukan, ada banyak sekali kenangan yang indah. Jika saya melihat kembali ke belakang, hal-hal seperti dapat berbincang-bincang dengan semuanya dan sebagainya. Sungguh membuat saya merasa bersyukur dapat menjalani tahun ini.

Tsugumi: Kalau saya, pada awalnya sama sekali tidak bisa menari, sering dimarahi, dan kadang saya tidak mau lagi melanjutkan, namun, melakukan pertunjukan 12 orang bersama-sama, saya merasa kami jadi satu kesatuan. Saya menjadi sangat menyukai Sakura Gakuin!

Yuzumi: Saya sangat senang dapat melakukan hal yang tidak dapat saya lakukan sebelum bergabung. Saya sangat sering berpikir untuk berjuang lebih keras lagi, saya merasa telah banyak berkembang. Di tahun yang akan datang, saya ingin berusaha keras agar bisa menjadi teladan yang baik!

Maaya: Tahun ini benar-benar ada banyak hal yang terjadi, dan semuanya sangat menyenangkan, terutama karena di musim panas tahun ini saya mendapatkan kepercayaan untuk tampil di pertunjukan teater pertama Sakura Gakuin. Karena saya bercita-cita ingin menjadi seorang aktris, saya merasa bahwa kali ini dapat tampil di panggung teater adalah pengalaman yang luar biasa.

Mohon sepatah kata untuk para penggemar kalian di Indonesia

Sara: Saya sangat senang karena penggemar kami tidak hanya ada di Jepang saja, tapi juga di Indonesia. Walaupun jauh, kami ingin dapat memperlihatkan sisi baik Sakura Gakuin dan lagu-lagu kami! Dalam sisa waktu 3 bulan ini, saya akan berjuang untuk terus berkembang. Mohon dukungannya!

Tsugumi: Sakura Gakuin adalah unit yang dibatasi hanya untuk mereka yang masih di masa pertumbuhan. Kalian dapat melihat perkembangan yang hanya bisa diperlihatkan oleh kami yang dalam masa pertumbuhan, oleh karena itu, datanglah ke Jepang dan tonton langsung pertunjukan kami, ya!

Yuzumi: Sakura Gakuin adalah unit khusus masa pertumbuhan, oleh karena itu, kami masih akan terus berkembang. Mohon dukungan dari kalian semua!

Maaya: Mungkin banyak yang belum pernah melihat kami sebelumnya, namun, mulai sekarang pun saya akan terus berkembang, mohon dukung aku juga dari sekarang, ya!

Dengan kata-kata ucapan hangat terhadap para penggemar di Indonesia tersebut, berakhir pulalah wawancara dengan Sakura Gakuin. Bagaimana, setelah mengenal Sakura Gakuin lebih jauh, apakah kalian semakin tertarik untuk mendukung mereka? Jangan lupa, kalian juga bisa, lho, memiliki dan membeli merchandise resmi Sakura Gakuin dan artis-artis Amuse lainnya, hanya di website Asmart ini! Tidak usah khawatir jika kalian tidak mengerti Bahasa Jepang, karena website ini memiliki beragam pilihan bahasa, termasuk Bahasa Inggris!

(All images: Resky Ramadhan – Japanese Station)


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes