SHARE THIS ARTICLE

Festival budaya Jepang, Smaracatur Bunkasai VII, telah diselenggarakan oleh ekstrakurikuler pecinta budaya Jepang “Smaracatur Otaku Club” bersama SMA Negeri 4 Surakarta, pada tanggal 22 Juni 2014 yang lalu, di SMA Negeri 4 Surakarta.

DSC_0252

Ini adalah tahun ke tujuh pelaksanaan bunkasai, bertemakan “Taman Kanak-kanak”, dengan judul “Houkago! Kindergarten Monogatari”. Dengan tema ini pengunjung dibawa mengenal banyak acara, workshop, lomba, dan banyak hal baru yang pengunjung jarang temui di festival lainnya! Acara ini dimeriahkan oleh band-band lokal seperti BABY’S WAYS, MONKEY CIRCUS, DREAMATORIUM, PLAN-B JOGJA, dan special performance dari SEKAZO 4 yang datang dari Semarang.

konser hologram
konser hologram

Ada juga workshop  kebudayaan Jepang seperti pameran Kimono & Chanoyu dari Universitas Teknologi Jogja, Kyudo dari Komunitas Panahan Solo, hingga mini konser hologram penyanyi Hatsune Miku perdana persembahan Tim V Solo. Cover dance yang tampil di Bunkasai kali ini adalah Kyouki Hikari dari Semarang, sebuah cover dance BabyMetal dan tarian musim panas yang disebut Yosakoi dan ditarikan oleh Tsukiyomi Yosakoi.

Diadakan lomba-lomba yang menarik tentunya, seperti lomba mewarnai, Character Design Competition, Lomba OSU! bersama OSRC Solo, Lomba Makan Ramen Pedas bersama Rocku Ramen, Yu – Gi – Oh bersama OTAKON, Lomba Cosplay, Karaoke, serta Loli Competition dari Itasha.

peri
PERI Solo

Selain event utama, ada juga side-event pameran papercraft dari PERI Solo, persembahan karya seni illustrasi Smaracatur Bunkasai VII oleh Migotomew & Chikurosan, persembahan OST Smaracatur Bunkasai VII oleh Vamaera berjudul “Suatu Saat, Pasti!“, pameran itasha dari Itasha Indonesia Chapter Solo + Jogja, gratis coba kyudo/panahan, serunya main OSU bareng OSRC! dan konser hologram Hatsune Miku dari Tim V Solo!

itasha (3)
Itasha Indonesia Region Solo

itasha

smaracatur5

Ketua Pelaksana Diandra Pramestisari Pololessy mengharapkan dari penyelenggaraan Festival Budaya Jepang Smaracatur Bunkasai VII adalah masyarakat Solo diajak mengenal dan akrab dengan budaya Jepang dan budaya Pop Jepang dengan suguhan berbagai acara yang baru, menarik, dan dapat dinikmati oleh semua umur, kalangan, dan latar belakang pengunjung. Dan tidak lupa dapat menunjukkan bahwa bakat anak muda Solo dan sekitarnya dapat menjadi produktif, kreatif, dan menginspirasi lewat perwujudan kesukaannya terhadap budaya Jepang dan diekspresikan bersama di festival budaya Jepang ini.

Di bagian pembuka ada pembukaan dari Wakil Kepala SMA 4 Surakarta dan dilanjutkan oleh Tsukiyomi Yosakoi, workshop Kyudo. Olahraga panahan yang berasal dari Jepang. Para pengunjung juga dapat belajar memanah di Bunkasai ini. Seru, kan!?

kyudo (2)
Kyudo

Selanjutnya ada workshop Chanoyu/upacara minuman teh, yang langsung dilanjutkan dengan workshop kimono. Di sini kita bisa mengetahui apa saja yang digunakan dalam memakai kimono, tata cara memakai kimono, dll.

chanoyu
Chanoyu
kimono
Kimono

Acara selanjutnya ada lomba karaoke, ada lima peserta yang lolos dalam audisi yang sudah diselenggarakan tanggal 8 Juni lalu. Di lomba karaoke ini ada yang spesial loh! Ada peserta audisi karaoke yang totalitasnya menyanyikan lagu Let It Go versi Jepang yang menyita seluruh perhatian pengunjung di lapangan. Kalo di Bunkasai VII ini Elsa jadi cowok atau cowok jadi Elsa ya?^^ Penampilan yang menghibur sekali!

pratama (3)

Setelah lomba karaoke, ada lomba yang paling ditunggu juga nih. Lomba Makan Ramen Pedas. Lomba yang disponsori oleh Rocku Ramen ini menarik banyak perhatian, karena lombanya menantang dan gratis pastinya! Pengunjung dipilih secara acak oleh MC. Ada 5 pemenang yang berhasil menghabiskan ramen-nya. Langsung panas tuh pasti mulutnya!

yosakoi 2
Yosakoi

Terus ada penampilan kedua dari Tsukiyomi Yosakoi. Dengan baju warna merah, kuning, hitam dan sisipan motif batiknya mereka membawa aura musim panas di Bunkasai VII ini. Disambung dengan kuiz berhadiah kupon voucher dari sponsor. Setelah itu acara diselingi break pertama. Break kali ini disuguhi oleh stand-stand yang ada di Bunkasai. Berbagai makanan ala Jepang dihidangkan di tiap-tiap stand. Seperti takoyaki, okonomiyaki, sushi, ramen, macam-macam katsu dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, ada juga stand yang menjual baju dan aksesoris unik lainnya, seperti stand Kiseki Clothing dan Tsundere Cloth.

DSC_0253

best costume

Setelah break, Cosplay Competition sesi pertama diselenggarakan. Para cosplayer ini mendapat banyak perhatian dan mereka benar-benar menghayati perannya. Sesi pertama selesai dan disusul dengan penampilan cover dance Babymetal dari Kyouki Hikari. Setelah Kyouki Hikari ada band Monkey Circus yang mengisi acara. Mereka menyanyikan lagu Flow-Go! yang menghentak semangat pengunjung dan membagikan CD single mereka kepada pengunjung. Kemudian ada penampilan cosplay cabaret dari komunitas cosplayer bernama VOC. Mereka membawakan cerita Ruroni Kenshin. Para pengunjung terpana melihat aksi mereka.

DSC_0180

monkey circus
Monkey Circus
kyouki 2
Kyouki

Baby’s Ways naik ke panggung membawakan lagu One Ok Rock dan OST Shinchan remixed setelah VOC selesai dengan kabaretnya. Disusul Plan B dengan cover GRANRODEO. Setelah Plan B selesai, MC mengadakan kuis lalu break kedua. Setelah break, acara dilanjutkan penampilan Dreamatorium. Dan penampilan spesial dari guest star SEKAZO 4 yang menampilkan lagu lawas terutama lagu CHANGE THE WORLD tetapi sukses menarik semua pecinta lagu-lagu anime yang antusias. Panitia juga ikut menikmati penampilan mereka. Terakhir, ada flashmob bareng Kyouki Hikari yang diikuti panitia, dan para pengunjung sebagai penutup Bunkasai tahun ini.

sekazo4 2
Sekazo4

Juara Lomba Cosplay

juara best performance
1.    Best Performance : Hazuno Cherry
2.    Best Costume : Nao & Nachi

Juara Lomba Karaoke
1.    Ara Winda
2.    Tica

Juara Lomba Photo Contest Loli with Itasha region Solo

juara 2 photo contest loli
1.    Mila Dewi
2.    Keren
3.    Ahya Ainan

Juara Lomba Character Design
1.    Golda MS
2.    Devina

Info lebih lanjut kunjungi www.gunyugasuki.blogspot.com & @bunkasaiSMA4

COMMENT