Serunya Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime


Foto: scaryforkids.com

Bahasa Jepang kini mulai diakui sebagai salah satu bahasa pengantar internasional. Di era globalisasi ini, ada baiknya kamu mengasah kemampuan berbagai bahasa asing untuk memperkaya personal skill yang dimiliki. Mempelajari bahasa Jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Les privat atau di lembaga kursus dapat menjadi salah satu alternatifnya, tapi kamu juga bisa meningkatkan kemampuannya secara otodidak, lho.


Anime dapat menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan di rumah. Gimana sih teknik yang tepat untuk mengembangkan keterampilan ini? Simak beberapa tipsnya, yuk!

Romanisasi Subtitle. Subtitle atau teks terjemahan yang biasa muncul saat menonton film dengan bahasa asing memang membantu kamu memahami percakapannya. Kamu bisa sedikit bermain dengan teks tersebut. Kamu dapat mencari jenis terjemahan yang menggunakan romanisasi bahasa Jepang. Romanisasi adalah bahasa Jepang yang ditulis kembali ke dalam huruf romawi, yang biasa digunakan dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Cara ini dapat melatih perbendaharaan kata dan pemahaman yang kamu miliki. Lakukan teknik ini secara bertahap. Jika ada kalimat yang tidak kamu pahami, ganti teks dengan terjemahan bahasa Indonesia atau Inggris.

Must Read  Anime Kemono Friends Raih Penghargaan di Yahoo! Search Awards 2017

Dengarkan Percakapan. Saat menonton, kamu bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan percakapan kata demi kata yang diucapkan dalam dialog. Cara ini dapat melatih dan mempertajam pendengaranmu. Kamu juga dapat mengetahui aksen pengucapan kalimat yang benar dalam bahasa Jepang.

Meniru Dialog. Teknik lainnya yang dapat kamu manfaatkan adalah meniru dialog dalam anime. Cara ini berguna untuk melancarkan pelafalan bahasa Jepang. Salah satu kunci mahir bahasa asing adalah menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Jika kamu tidak memiliki teman yang bisa diajak bercakap-cakap dengan bahasa tersebut, meniru dialog di anime dapat menjadi alternatif pengganti yang tepat.

Must Read  #LearnJapanese – Cara Menyatakan Cinta Pada Wanita Jepang

Menonton Tanpa Subtitle. Begitu kamu mulai mahir dan menguasai sebagian besar perbendaharaan kata umum dalam bahasa Jepang, kamu dapat berlatih untuk menonton anime tanpa subtitle. Pilih anime yang belum pernah kamu lihat sebelumnya untuk melakukan tes terhadap diri sendiri, sekaligus mengetahui sejauh mana kemampuanmu meningkat.

Proses belajar yang menyenangkan akan membuatmu lebih mudah menguasai bahasa asing. Coba terapkan tips tersebut dan lihat hasilnya, Temans!

Source : clear

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Vie Asano

I’m a writer, food lover, cute stuff addict, Japan culture big fans

Serunya Belajar Bahasa Jepang Lewat Anime

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini