SHARE THIS ARTICLE

Bahasa Jepang kini mulai diakui sebagai salah satu bahasa pengantar internasional. Di era globalisasi ini, ada baiknya kamu mengasah kemampuan berbagai bahasa asing untuk memperkaya personal skill yang dimiliki. Mempelajari bahasa Jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Les privat atau di lembaga kursus dapat menjadi salah satu alternatifnya, tapi kamu juga bisa meningkatkan kemampuannya secara otodidak, lho.

Anime dapat menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan di rumah. Gimana sih teknik yang tepat untuk mengembangkan keterampilan ini? Simak beberapa tipsnya, yuk!

Romanisasi Subtitle. Subtitle atau teks terjemahan yang biasa muncul saat menonton film dengan bahasa asing memang membantu kamu memahami percakapannya. Kamu bisa sedikit bermain dengan teks tersebut. Kamu dapat mencari jenis terjemahan yang menggunakan romanisasi bahasa Jepang. Romanisasi adalah bahasa Jepang yang ditulis kembali ke dalam huruf romawi, yang biasa digunakan dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Cara ini dapat melatih perbendaharaan kata dan pemahaman yang kamu miliki. Lakukan teknik ini secara bertahap. Jika ada kalimat yang tidak kamu pahami, ganti teks dengan terjemahan bahasa Indonesia atau Inggris.

Dengarkan Percakapan. Saat menonton, kamu bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan percakapan kata demi kata yang diucapkan dalam dialog. Cara ini dapat melatih dan mempertajam pendengaranmu. Kamu juga dapat mengetahui aksen pengucapan kalimat yang benar dalam bahasa Jepang.

Meniru Dialog. Teknik lainnya yang dapat kamu manfaatkan adalah meniru dialog dalam anime. Cara ini berguna untuk melancarkan pelafalan bahasa Jepang. Salah satu kunci mahir bahasa asing adalah menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Jika kamu tidak memiliki teman yang bisa diajak bercakap-cakap dengan bahasa tersebut, meniru dialog di anime dapat menjadi alternatif pengganti yang tepat.

Menonton Tanpa Subtitle. Begitu kamu mulai mahir dan menguasai sebagian besar perbendaharaan kata umum dalam bahasa Jepang, kamu dapat berlatih untuk menonton anime tanpa subtitle. Pilih anime yang belum pernah kamu lihat sebelumnya untuk melakukan tes terhadap diri sendiri, sekaligus mengetahui sejauh mana kemampuanmu meningkat.

Proses belajar yang menyenangkan akan membuatmu lebih mudah menguasai bahasa asing. Coba terapkan tips tersebut dan lihat hasilnya, Temans!

Source : clear
COMMENT