SHARE THIS ARTICLE

image00

Jepang, negara yang terdiri dari 4 pulau besar dan banyak pulau kecil. Terdapat empat musim di negeri sakura, musim semi (Maret, April, Mei), musim panas (Juni, Juli, Agustus), musim gugur (September, Oktober, November) dan musim dingin (Desember, Januari, Februari).

Jepang juga dikenal memiliki banyak perayaan, termasuk perayaan yang berkaitan dengan 4 musim di Jepang.

Berikut beberapa perayaan/festival musim yang ada di Jepang:

1. Festival Salju Sapporo

snow-festival-february-image-31

Festival salju Sapporo merupakan perayaan menyambut musim dingin di bagian utara Jepang. Festival ini merupakan salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang yang mampu menyedot wisatawan luar negeri untuk berkunjung.

Festival salju Sapporo berpusat di jantung kota, Taman Odori Koen. Selama 7 hari, Taman Odori Koen disulap menjadi taman bermain dengan karya-karya seni dari salju yang menakjubkan.

2. Festival Mekarnya Bunga Sakura

69

Musim semi mungkin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang. Saat itu bunga sakura mekar dengan indahnya. Banyak tempat untuk melihat mekarnya bunga sakura ini. Beberapa tempat terbaik di antaranya Taman Ueno di Tokyo atau Gunung Yoshino di Nara. Semua orang berkumpul bersama orang-orang terdekat mereka, bercengkrama sambil menikmati indahnya bunga sakura.

Perayaan Higashiyama Hana Touro di Kyoto dapat menjadi pilihan lain untuk menikmati bunga sakura ini. Orang-orang turun ke Jalan hingga larut malam untuk menyaksikan pemandangan luar biasa bunga sakura yang berpadu dengan lampu-lampu hias cantik.

3. Festival Musim Gugur Takayama

131020hidashougawa2

Ketika musim gugur datang, inilah saatnya untuk mengadakan perayaan musim panen. Suasana begitu meriah. Festival musim gugur takayama adalah salah satu perayaan panen terbesar di Jepang.

Ketika musim semi masyarakat Jepang meminta untuk hasil panen yang baik, pada musim gugur tiba saatnya untuk perayaan menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang baik.

4. Festival Musim Panas Obon dan Nebuta

kembangapi1

Festival musim panas adalah festival yang paling ditunggu orang Jepang. Gadis berkimono, jajanan tradisional jepang, kembang api, semua lengkap saat perayaan musim panas di Jepang. Selain itu ada ritual obon, yaitu ritual untuk menyambut roh orang mati dengan tabuhan drum dan seruling.

Beberapa festival yang populer adalah festival kembang api sumida serta festival nebuta. Festival sumida, festival tertua dan terbesar di Jepang ini diadakan di Aomori dan Hirosaki. Ribuan kembang api menghiasi langit malam itu. Pada festival nebuta terdapat banyak tari-tarian yang diiringi dengan tabuhan drum untuk menyemarakkan acara.

Demikian festival-festival unik di Jepang yang berkaitan dengan musim. Jika anda ingin mengalami pengalaman unik di tiap musim, Jepang dapat menjadi tempat yang tepat di mana musim dapat menjadi bagian dari festival.

Source : japanrealm.com
COMMENT