SHARE THIS ARTICLE

JKT48, perlahan tapi pasti mulai merambah dunia musik Indonesia. Mereka mengawali karir di dunia musik dan entertainment dari event ke event, show per show, hingga pada akhirnya mereka resmi “mentas” di theater alias rumah mereka sendiri pertengahan Mei kemarin. Dan debut mereka di theater bisa dikategorikan sebagai sukses, mengingat banyak nya fans yang datang dan pada hari pertama theater, banyak media yang meliputnya.

Konsep Idol Group yang diusung oleh JKT48, merupakan hal yang baru bagi dunia entertainment Indonesia. Konsep itupun sebenarnya merupakan hasil ‘turunan’ dari sister group JKT48, yaitu AKB48 yang berasal dari Jepang. Di Jepang, Idol Group merupakan hal yang sudah lazim, tetapi konsep Idol Group yang diusung oleh AKB48 beserta para sister groupnya adalah idol you can meet. Adalah Akimoto Yasushi, dikenal juga sebagai Aki-P, yang memperkenalkan konsep tersebut, di mana Aki-P ingin menciptakan Idol Group yang ‘mudah’ untuk dijumpai oleh para fansnya, dan pada kenyataannya konsep itu berhasil.

Berawal dari iklan Pocari Sweat, JKT48 memulai debutnya di Indonesia dengan manis. Lagu Heavy Rotation yang dibawakan, berhasil memikat masyarakat awam untuk mulai mengenal JKT48. Musiknya yang easy listening dan liriknya yang merupakan perpaduan bahasa Jepang-Inggris-Indonesia, bisa dikatakan berhasil membuai telinga.

Selain Heavy Rotation, ada juga lagu yang berjudul Aitakatta dan Kimi no Koto ga Suki Dakara. Kedua lagu tersebut juga dipakai dalam iklan yang mereka bintangi. Walaupun ketiga lagu tersebut bertema cinta, suka, dan perasaan seorang gadis, tapi tidak seperti lagu-lagu cinta pada umumnya. Aki-P selaku pencipta lagu tersebut, berhasil mengemasnya dalam musik yang ceria, membuat siapapun yang mendengarnya menjadi ingin ikut bernyanyi.

Setelah iklan-iklan yang mereka bintangi cukup sering muncul di layar televisi, pihak manajemen JKT48 mulai mengembangkan sayapnya dengan memperkenalkan JKT48 Theater. Suatu hal yang baru di Indonesia, tapi sebagai sister group dari AKB48, maka JKT48 pun diharuskan memiliki theater-nya sendiri. Di theater ini, JKT48 menyanyikan lagu-lagu cover dari AKB48. Untuk theater pada bulan Mei kemarin, JKT48 menyanyikan lagu-lagu AKB48 dari setlist Pajama Drive. Dengan total sekitar 16 lagu, penampilan apik JKT48 di theater berhasil menarik perhatian fans pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dengan liputan media, diharapkan nama JKT48 akan semakin dikenal nantinya.

Sejauh ini, JKT48 patut diacungi jempol. Rutinitas latihan yang nyaris tanpa henti setiap harinya, membuat fans-fans mengapresiasi usaha dan kerja keras mereka. Dengan konsep idol you can meet, masyarakat diharapkan untuk ikut melihat perkembangan dari mereka. Bahkan masyarakat juga diharapkan ikut berkembang seiring dengan perkembangan JKT48. Melalui social media (twitter, facebook, G+), fans-fans bisa mengetahui langsung aktivitas sehari-hari dari idola mereka. Sungguh suatu terobosan yang baru bagi dunia musik dan entertainment di Indonesia. Dengan menentang tren girlband yang sedang marak di Indonesia, kehadiran JKT48 membawa angin segar bagi dunia musik Indonesia. Patut kita tunggu, akan sejauh apakah JKT48 melangkah? Apakah konsep idol you can meet akan berhasil di Indonesia? Yang jelas sampai saat ini, JKT48 telah berhasil menyihir para fansnya dengan penampilan yang memukau. Selamat datang di (dunia musik) Indonesia, JKT48!! I want you..I need you..I love you..Aitakatta!!

COMMENT