SHARE THIS ARTICLE

Sekolah di Jepang Uji Coba Program Tidur Siang

Pernah mengetahui kalau tidur siang selama 10 menit sudah cukup untuk memulihkan diri dan meningkatkan kemampuan konsentrasi? SMP Kakogawa, di kota Kakogawa, Prefektur Hyogo, Jepang, kini tengah menguji coba program tidur siang selama 10 menit dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi para pelajarnya, sekaligus upaya untuk menghemat listrik.

Program bernama “Kakogawa Siesta” ini dicetuskan sendiri oleh para pelajar lewat pertemuan dengan wali kota dan anggota dewan setempat pada bulan Agustus tahun lalu.

Dalam pertemuan tersebut, para siswa menyebutkan bahwa sebelumnya program tidur siang ini sudah pernah dilakukan di sebuah sekolah tinggi Jepang, dan menunjukkan hasil positif, serta meminta agar program ini juga diimplementasikan pada tingkat SMP. Mereka juga menyatakan keinginan untuk menghemat energi sebagai alasan lain agar program ini bisa terlaksana.

Inspektur pendidikan setempat akhirnya menyarankan bahwa program tidur siang harus diuji coba terlebih dahulu. Sejak 14 Juni dimulailah uji coba program tidur siang selama 10 menit, setelah makan siang, yaitu pukul 13:05-13:15 setiap hari sekolah.

Selama 10 menit, lampu harus dimatikan, tirai ditutup, dan para pelajar di semua kelas meletakkan kepala mereka di atas meja mereka sambil menutup mata. Para guru juga dianjurkan untuk ikut berpartisipasi dalam program ini.

Pada tanggal 21 Juni, para pelajar disurvei untuk mengetahui apakah program ini memiliki efek positif pada pikiran dan perilaku mereka. Nantinya hasil survei ini akan berpengaruh pada keputusan untuk dipermanenkannya program kreatif ini.

Tertarik untuk mencoba program ini?

(Featured Image: Patukaso)

Source : japantoday.com
COMMENT