Sebelum Konsumsi Ikan Mentah, Intip 5 Fakta Ini


Ikan_Mentah

Sebelum Anda mengonsumsi ikan mentah seperti sushi dan sashimi, ada baiknya memperhatikan sejumlah fakta tentang ikan mentah tersebut.

Ikan merupakan sumber omega-3, lemak, dan protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Fenomena saat ini orang lebih gemar menyantap ikan dalam keadaan mentah ketimbang harus digoreng atau dibakar terlebih dulu.

Karena fenomena ini tidak heran bila banyak restoran khas Jepang berdiri di luar dari negara yang terkenal dengan bunga sakura, termasuk di Indonesia.

Meski dianggap sehat, ada baiknya untuk menyimak sejumlah fakta terkait ikan mentah dari Ahli Gizi Klinis Rumah Sakit PSRI, New Delhi, India, Neelanjana Singh, Ch, menjelaskan seperti dikutip Health Me Up, Senin (1/9/2014).

Must Read  Netizen Jepang Jelaskan Inilah Jadinya Jika Memiliki Orang Tua Seorang Otaku

Risiko kesehatan

Mungkin terdapat parasit atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan pada seekor ikan salmon, tuna, herring, dan ikan mas. Tapi, cara seperti ini dianggap mampu meminimalkan risiko bahaya tersebut. Lagipula, jumlah bakteri pada seekor ikan jauh lebih sedikit dibanding bakteri yang terdapat pada daging babi mentah.

Ikan mentah aman dikonsumsi asal telah melalui prosedur meminimalkan risiko bakteri yang hadir. Prosedur ini termasuk pembekuan ikan pada suhu teramat rendah selama 2 sampai 7 hari, sehingga parasit dinetralkan.

Jenis ikan yang paling umum dikonsumsi dalam keadaan mentah

1. Salmon
2. Herring
3. Tuna
4. Ikan Mas

Yang harus menghindari ikan mentah

Menurut Neelanjana, orang dengan kekebalan tubuh rendah harus menghindari mengonsumsi ikan mentah. Selain itu juga, seorang wanita yang tengah mengandung. Anak-anak pun usahakan untuk jangan dibiarkan mengonsumsi ikan mentah, karena kekebalan tubuh mereka yang masih sangat rendah.

Must Read  3 Mantan Anggota SMAP Raih Penghargaan GQ Men of The Year Awards

Apakah ikan mentah lebih sehat dari ikan yang dimasak?

Masing-masing memiliki keuntungan dan kerugiannya. Dimasak, bakteri yang ada di ikan akan terbunuh, tapi nutrisinya mengalami pengurangan. Sedangkan dalam keadaan mentah, kita harus lebih hati-hati, tapi nutrisi secara lengkap akan kita terima

Membeli dan menyimpan ikan mentah

Apabila kita membeli ikan mentah di pasar, bungkuslah menggunakan aluminium foil dan memasukannya ke dalam freezer jika kita tidak ingin mengonsumsinya segera.


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Sebelum Konsumsi Ikan Mentah, Intip 5 Fakta Ini

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini