SHARE THIS ARTICLE

Kogoro Kurata, seorang pengrajin besi yang terkenal karena karyanya yaitu patung robot VOTOMS berukuran sebenarnya, berencana untuk memamerkan karya terbarunya yaitu Vaudeville, sebuah robot besi yang dapat bergerak. Robot yang telah dimulai pengerjaannya sejak bulan Januari 2010 itu memiliki tinggi 4 meter dan bobot sekitar 4 ton, dan akan dipajang dalam acara Wonder Festival tanggal 29 Juli hari ini.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah terbitan Jepang yaitu Japan’s Wired, robot ciptaannya yang dapat bergerak menggunakan software kendali robot bernama V-Sido ciptaan Wataru Yoshizaki tersebut disebutkan memiliki 30 sendi hidrolik, serta memiliki kemampuan untuk mengambil benda dan menembakkan senapan gatling. Kokpit Vaudeville didesain untuk satu orang dewasa, dan di dalamnya adalah dashboard pengendalinya yang dilengkapi dengan layar display dari kamera untuk memantau pandangan depan dan belakang robot tersebut, serta pandangan atas kepala dari sebuah kamera yang diinstal pada sebuah helikopter mini. Robot ini bergerak menggunakan empat kaki yang dilengkapi dengan sebuah roda pada tiap kakinya.

Kogoro berencana untuk memroduksi robot ciptaannya ini secara massal melalui grup Suidobashi Heavy Industry miliknya dengan harga sekitar 100 juta yen atau setara dengan 1,27 juta dollar Amerika. Kogoro berharap bahwa langkahnya ini dapat ditiru oleh banyak pihak untuk menciptakan robot-robot yang dapat dikendarai lainnya.

 

sumber : animenewsnetwork.com

COMMENT