SHARE THIS ARTICLE

solar-paper

Dalam sebuah berita yang dimuat di Gizmodo Japan, para pemecah masalah yang kreatif di Universitas Osaka Jepang mengumumkan bahwa mereka telah merekayasa suatu jenis “kertas” baru yang benar-benar dapat menghasilkan dan menyimpan energi dari sinar matahari.

Mereka yang peduli terhadap kondisi Bumi saat ini tentunya selalu mencari cara untuk mengurangi jejak karbon yang sebagian besar dihasilkan oleh alat-alat elektronik yang tiap hari kita pakai. Saat raksasa elektronik Sharp mengumumkan panel solar (surya) semi-transparan ciptaan mereka yang suatu saat bakal mengubah jendela-jendela rumah kita menjadi lahan penyerap energi dari sinar matahari, semua orang merasa sangat bersemangat. Namun berita dari Universitas Osaka ini benar-benar membuat kita terhentak kagum.

Pertama dari jenisnya, “kertas pemroduksi energi surya” ini adalah sebuah bahan transparan yang terbuat dari serat kertas dan “kabel nano” perak serta konduktor tidak terlihat yang terdapat di permukaannya. Panel surya yang sangat kecil itu dikatakan bersifat sangat kuat dan fleksibel selain menjadi salah satu dari penghasil energi berbasis energi surya paling efisien hingga saat ini. Dan karena bahan itu terbuat dari bahan-bahan alami, saat masa pakainya telah berakhir, kertas itu dapat dibuang dengan mudah dan aman.

Sumber daya revolusioner ini saat ini dijadwalkan untuk diproduksi secara penuh untuk penggunaan praktis dalam waktu tiga tahun ke depan.

Kita telah lama mengetahui bahwa pohon sangatlah penting bagi kelangsungan hidup planet kita, namun kita benar-benar tidak mengetahui bahwa suatu hari nanti mereka dapat menolong kita memroduksi energi yang aman dan bersih.

Sources :
COMMENT