SHARE THIS ARTICLE

Softbank telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai menjual robot humanoid dan bahkan mempekerjakannya di toko-toko mereka, dan kini hadir sebuah pameran baru di Miraikan, museum utama ilmu pengetahuan Tokyo, Jepang, yang menampilkan berbagai android.

android-ishiguro-hiroshi-japanese-robot (1)
Manakah yang merupakan manusia?

Pameran interaktif “Android: What is a human?” akan dimulai pada tanggal 25 Juni dan dapat menakut-nakuti para pengunjungnya dengan berbagai intriknya, mengingat betapa kita cenderung menganggap robot humanoid itu terlalu menyeramkan.

Pameran ini telah diawasi oleh tak lain dari Dr. Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka, seorang ilmuwan yang pasti tahu bagaimana membuat android yang menyeramkan, seperti yang orang-orang bisa saksikan setelah melihat foto-foto dirinya dan robot Doppelgänger-nya, Geminoid.

android-ishiguro-hiroshi-japanese-robot (2)

Pameran ini akan diisi oleh Kodomoroid, android anak perempuan (kodomo), Otonaroid, robot wanita dewasa (Otona), dan tiga android Telenoid.

Kodomoroid dapat dikendalikan dari jarak jauh dan, meskipun terlihat seperti anak kecil, akan berperan menjadi penyiar, yang memberitahu para pengunjung berita dan informasi tentang bumi, ruang angkasa dan cuaca.

android-ishiguro-hiroshi-japanese-robot (3)

Otonaroid akan memulai percakapan dengan Anda ketika Anda mendekatinya, yang memungkinkan Anda untuk mengalami seperti apa hubungan dengan android di masa depan.

Telenoid sudah dikenal sebagai robot dengan tampilan yang lebih minim dan ambigu. Android dengan “teleoperated” ini “tampil baik sebagai laki-laki dan perempuan, baik tua dan muda”. Terlebih lagi, Ishiguro berjanji bahwa “Tubuh Telenoid yang lembut dan tekstur kulitnya dan ukuran tubuhnya yang seperti anak kecil memungkinkan seseorang untuk menikmati memeluk dan berkomunikasi dengannya secara mudah”. Menakutkan!

android-ishiguro-hiroshi-japanese-robot (4)

Biaya masuk pameran ini adalah 620 yen untuk orang dewasa dan hanya 210 yen untuk anak-anak. Pameran ini akan menjadi bagian dari koleksi permanen Miraikan.

Source : japantrends.com
COMMENT