SHARE THIS ARTICLE
Welcome to Okinawa (photo: 4photos.net)
Welcome to Okinawa (photo: 4photos.net)

Kuliner merupakan topik yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Mari kita lihat keanekaragaman kuliner dari Okinawa, Jepang. Okinawa Food Guide membagi uniknya kuliner dari salah satu daerah di Jepang ini. Sajian khas Okinawa berbeda dengan masakan Jepang pada umumnya. Hal ini dikarenakan sejarah dari pulau ini, yang kekayaan kulinernya mendapat sentuhan budaya China, Asia Tenggara, Jepang, dan Amerika Serikat. Selain itu, kuliner Okinawa pun berbeda dikarenakan perbedaan iklim. Hal ini berpengaruh pada hasil bumi dan juga selera penduduk di sana. Untuk mencoba masakan Okinawa, disarankan untuk pergi ke izakaya, kedai makanan yang menyediakan beragam makanan kecil. Selain itu, Anda disarankan untuk mengunjungi restoran-restoran di Jalan Kokusaidori. Di sana Anda selain dapat menikmati sajian juga akan dihibur oleh pertunjukan musik tradisional.

Izakaya (photo: static.panoramio.com)
Izakaya (photo: static.panoramio.com)

Terdapat beragam sajian khas Okinawa yang pastinya akan menerbitkan rasa lapar. Berikut nama-nama masakan khas yang ada di daftar Okinawa Food Guide. Kita mulai dari Champuru yang artinya tumisan dalam bahasa daerah Okinawa. Isi dari tumisan adalah tahu, telur, paria, dan daging. Variasi dari masakan ini adalah Somen champuru yang ditambahkan mie gandum; Fu champuru yang berisi juga gluten gandum; Papaya Champuru yang berisi pepaya muda dan masih banyak lagi. Selanjutnya adalah Okinawa Soba yang mie-nya terbuat dari tepung gandum sehingga lebih mirip dengan Udon daripada Soba. Sajian mie biasanya disertai dengan taburan daging babi, daun bawang, baso ikan dan jahe merah.

Okinawan Soba (photo: okinawatraveler.net)
Okinawan Soba (photo: okinawatraveler.net)

Berikutnya, ada Nasi Taco. Masakan yang satu ini adalah hasil akulturasi budaya Jepang dan Amerika. Nasi Taco adalah makanan populer dengan harga yang terjangkau. Semangkuk Nasi Taco terdiri dari bahan-bahan yang lazim ditemukan di Taco seperti daging sapi, selada, tomat, cabai salsa dan kemudian disajikan di atas nasi. Bahan pelengkap seperti keju dan bawang Bombay juga bisa ditambahkan. Selain makanan berat, terdapat berbagai makanan ringan dengan bahan dasar daging babi seperti Rafute – daging babi dengan bumbu pasta kedelai dan Mimiga – sajian unik dari kuping babi yang diberi saus ponzu, kacang atau garam. Ada juga Umibudo, rumput laut yang bentuknya menyerupai anggur yang diberi kecap atau cuka.

Okinawa Food Guide – Ragam Kuliner Okinawa (4)
Okinawan Taco Rice (photo: static.tastykitchen.com)
Source : pengenliburan.com
COMMENT