SHARE THIS ARTICLE
Game Nintendo World Championship.
Game Nintendo World Championship.

Nintendo secara tegas mendeklarasikan tak bakal membuat game untuk perangkat pintar semacam smartphone dan tablet. Setahun berlalu, Nintendo akhirnya menyerah juga.

Dilansir KompasTekno, Rabu (18/3/2015) dari Engadget, Nintendo bakal segera menggodok game untuk perangkat pintar. Untuk ini, Nintendo bekerjasama dengan perusahaan layanan internet DeNa. Nintendo bakal mengambil 10 persen deposit pengembangan game dari DeNa. Sebagai timbal baliknya, DeNa bakal membeli 1,24 persen saham Nintendo.

Perlu diketahui, DeNa adalah pengembang yang terkenal untuk game-game terkemuka di Jepang. Perusahaan ini juga mengambil bagian untuk game kawakan internasional seperti Final Fantasy dan Blood Brothers.

Dalam kerjasama dengan DeNa, Nintendo mengizinkan “pengeksploitasian” pada game-game yang sudah dibuat sebelumnya. “Semua protokol game Nintendo memenuhi syarat untuk dikembangkan dan dieksplorasi,” begitu kata juru bicara Nintendo.

Walau demikian, Nintendo mengklaim beberapa game kawakan tradisionalnya seperti Super Mario Bros, mungkin tak bakal tersedia untuk versi perangkat pintar.

“Hanya game-game yang dapat dimaksimalkan untuk perangkat pintar yang bakal dibuat. Game-game yang tersemat pada Wii U dan 3DS portable barangkali tak dipindahkan ke perangkat pintar,” kata perwakilan Nintendo.

Selain memproduksi game untuk smart devices, DeNa dan Nintendo juga bakal membuka layanan keanggotaan online untuk sistem Nintendo pada smartphone, tablet, dan PC. Tak ketinggalan, sistem layanan ini juga bakal tersedia untuk Wii U dan 3DS.

Tapi belum pasti kapan rencana ini bakal terimplementasi. Perwakilan Nintendo pun tak banyak berkomentar. “Masih terlalu dini untuk mengelaborasi hal ini secara detil,” katanya.

Source : tekno.kompas.com
COMMENT