Berita Jepang | Japanesestation.com

Biaya yang dihabiskan oleh turis asing di Jepang berhasil memecahkan rekor tahunan hanya dalam waktu sembilan bulan. Hingga akhir September, para turis asing telah menghabiskan 5.86 triliun yen. Hal ini menunjukkan dampak pariwisata sebagai salah satu kekuatan ekonomi yang didorong oleh melemahnya nilai mata uang yen.

Melansir dari Japan Today, berdasarkan data yang disampaikan oleh Japan National Tourism Organization (JNTO), angka ini telah melampaui 5.3 triliun yen yang dicapai di tahun 2023 dalam 12 bulan. Pengeluaran turis asing menjadi kategori dari sektor ekspor terbesar kedua setelah mobil, disusul dengan komponen elektronik.

Setiap satu orang turis rata-rata menghabiskan 223.000 yen untuk perjalanan mereka. Orang Italia dilaporkan menghabiskan uang paling banyak, disusul oleh orang Spanyol dan Rusia.

Hingga bulan September, sebanyak 26.88 juta turis asing telah berlibur di Jepang, melampaui total turis tahun 2023. Jumlah ini akan terus naik dan diperkirakan akan melampaui jumlah turis sebelum pandemi di tahun 2019 sebanyak 31.9 juta orang.