Berita Jepang | Japanesestation.com

Pemandian umum di Jepang seperti onsen dan sento biasanya menempatkan laki-laki dan perempuan di kolam yang berbeda.  Namun, ada pengecualian untuk anak kecil.  Anak-anak dapat bebas masuk ke pemandian pria atau wanita, selama mereka ditemani oleh orang tua dari jenis kelamin yang sesuai.

Mandi di Onsen
Ilustrasi mandi di onsen (jpninfo.com)

Tentu saja ada batas usia untuk keringanan ini. Secara budaya Jepang tidak ada batasan umur yang spesifik, tetapi hukum Tokyo saat ini menetapkan bahwa anak-anak di area pemandian lawan jenis tidak boleh lebih dari 9 tahun. Dilansir dari FNN Prime, Pemerintah  Tokyo akan segera menurunkan batas usia menjadi 6 tahun.

Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang melakukan survei,  pada usia berapa seorang anak menjadi "memalukan" bila berada di kamar mandi lawan jenis.  Apakah tanggapan tersebut berasal dari anak-anak itu sendiri atau orang dewasa tidak disebutkan, tetapi hasilnya adalah:
● 5 tahun: 16,1 persen
● 6 tahun: 27 persen
● 7 tahun: 21,2 persen
● 8 tahun: 13,4 persen
● 9 tahun: 7 persen
● Lainnya: 15,3 persen

Alasan 6 tahun menjadi jawaban yang paling umum adalah pada usia itu sebagian besar anak mulai masuk sekolah dasar. Ada kemungkinan anak berusia 6 tahun di sento harus berbagi bak mandi dengan teman sekelas lawan jenis, yang dapat membuat suasana di kelas menjadi tidak nyaman.

Area Bilas di Onsen/Sento
Area bilas di onsen / sento (matcha-jp.com)

FNN mengklaim bahwa atas desakan pemerintah, batas usia baru untuk pemandian umum di Tokyo kemungkinan besar akan disetujui secara resmi pada bulan Juni, dan akan segera diberlakukan setelah itu.