Share on

Kejadian unik yang melibatkan suporter Tim Nasional sepakbola Jepang di ajang Piala Dunia 2018 kembali jadi pusat perhatian masyarakat dunia. Bukan aksi bersih-bersih stadion yang memang sudah menjadi tradisi mereka, kali ini para pendukung samurai biru yang menyaksikan langsung laga kontra Senegal di Rusia pada hari Minggu kemarin, terlihat benyanyi bersama dengan seorang suporter lawan di luar stadion pasca pertandingan berakhir dengan skor imbang.

Lagu yang mereka nyanyikan bukanlah lagu tema Piala Dunia 2018, melainkan salah satu lagu dari serial anime One Piece yang berjudul We Are!.  Bersama-sama mereka menyanyikan lagu tersebut dengan penuh semangat, aksi itupun direkam oleh seorang pria ber-jersey Senegal yang ikut bernanyi dan juga diunggah di akun jejaring sosial Twiter miliknya beberapa waktu lalu.

Aksi itu pun dengan cepat menyebar dan menjadi viral di dunia maya, pria tersebut kemudian diketahui bernama John Sulo, seorang aktor sekaligus komedian Perancis yang berada di Rusia untuk mendukung Senegal di Piala Dunia 2018. Sejak diunggah pada tanggal 25 Juni kemarin, video John Sulo bersama tiga suporter Jepang sendiri telah ditonton sebanyak lebih dari 3 juta kali, dan mendapat lebih dari 50 ribu ReTweet dari para pengguna Twitter di seluruh dunia.

Hal ini membuktikan bahwa bukan hanya sepakbola yang memiliki kekuatan untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia, karena anime juga dapat menyatukan dua masyarakat dari negara yang berbeda basaha, hingga benua sekalipun.

Tim Nasional sepakbola Jepang hanya mampu meraih hasil imbang melawan Senegal di laga kedua Grup H Piala Dunia 2018, yang berlangsung di stadion Arena Ekaterinburg, Rusia, pada tanggal 24 Juni kemarin. Skuad asuhan pelatih Akira Nishino masih akan menghadapi Polandia di laga pamungkas yang akan digelar pada tanggal 28 Juni mendatang, untuk bisa lolos ke fase 16 besar. Timna Jepang dan Rusia masih memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos ke babak selanjutnya, mengingat kedua negara kini menempati peringkat pertama dan kedua di Grup H.