Share on

Bagi penggemar basket dan hobi menonton liga National Basketball Association (NBA) pasti tahu dong tim Washington Wizards? Nah, apakah kamu tahu kalau di tim yang bermarkas di Washington D.C ini ada seorang pemain rookie star keturunan Jepang? Ya, dialah Rui Hachimura!

Sayangnya, sebagai rookie star Washington Wizards, permainan Hachimura harus terhenti sementara. Setelah Washington Wizards menang atas New York Knicks dengan skor 122-115 pada 10 Maret 2020 lalu, ia dan timnya belum bermain kembali.

Keesokan harinya, liga NBA pun ditutup untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Pelatih utama Wizards, Scott Brooks pun terpaksa harus memutar otak untuk memikirkan bagaimana performa setiap pemain dan  64 game yang telah diraih tim tersebut.

Pada musim lalu, mereka pun fokus untuk membangun fondasi barunya dan Hachimura memegang peran besar dalam hal ini.

Hingga kini belum dapat diketahui apakah Wizards dapat kembali memainkan 18 pertandingan yang tersisa untuk melengkapi jadwal normal musim ini. Meskipun begitu, NBA Commissioner Adam Silver dan staf resmi NBA tetap berharap mereka bisa menyelesaikan pertandingan dalam beberapa minggu ke depan dan menemukan pemenangnya.

The Wizards sendiri  menduduki peringkat ke-9 di Eastern Conference, membuatnya tidak masuk kualifikasi. Namun, seorang rookie seperti Hachimura yang masih berusia 22 tahun telah membuktikan pada manajemen Wizards, termasuk general manager Tommy Sheppard, bahwa Hachimura memiliki masa depan yang baik di NBA.

“Rui sangat bagus sebagai seorang rookie,” ujar Brooks dalam sebuah video chat dengan Wizards radio.

“Kami memulai musik ini dengan training camp dan dia bukanlah seorang starter. Namun, ketika ia bermain dan bertarung untuk memperebutkan posisi pemain starter, posisi itu seperti terbuka begitu saja.... Ia mendapatkan posisi tersebut dengan kerja kerasnya. Tahun yang bagus untuk Rui,” tambahnya.

Permainan Rui Hachimura (grapee.jp)
Permainan Rui Hachimura (grapee.jp)

Pemuda bertinggi 203-cm ini hingga kini telah bermain dalam 41 pertandingan (semuanya sebagai starter) dengan rata-rata poin 13.4 poin,  6.0 rebound, 1.7 assists, 0.8 steal, dan 0.2 block. Ia bahkan mendapat 30 poin ketika melawan Los Angeles Clippers pada 1 Desember 2019.

Hachimura sendiri membuat 47.8% shoot-nya berasal dari ia selama di lapangan, sementara 27.4% dari 3-point range.

Rui Hachimura (grapee.jp)
Rui Hachimura (grapee.jp)

Bagaimana masa depan pria keturunan Jepang ini di NBA? Kita tunggu saja kelanjutannya!