Share on

Salah satu atlet renang asal jepang Rikaki Ikee dikabarkan telah keluar dari rumah sakit setelah beberapa waktu yang lalu dirawat akibat penyakit Leukemia yang dideritanya pada Selasa (17/12).

Ikee dinyatakan mengalami penyakit Leukemia pada awal tahun 2019. Keluarnya Ikee dari rumah sakit dengan harapan dapat ikut serta pada Olimpiade Paris 2024. Atlet berusia 19 tahun tersebut disebut-sebut menjadi salah satu atlet utama untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Namun karena kondisinya, ia tak bisa ikut serta untuk olimpiade mendatang karena diminta untuk fokus pada kesembuhannya.

Melalui akun twitternya, Ikee menyatakan penundaan keterlibatannya dalam kejuaraan terdekat.

Setelah mendapatkan diagnosis pada bulan Februari, Ikee dianjurkan untuk dirawat dalam jangka waktu yang cukup lama, terhitung selama 10 bulan hingga ia sudah dapat keluar dari rumah sakit. Setelah dibebaskan, pihak manajemennya mengatakkan bahwa Ikee tidak dapat ikut bersaing pada Olimpiade Tokyo musim panas mendatang.

mengenai Olimpiade, saya ingin bekerja keras dengan tujuan bersaing di Olimpiade Paris 2024 dan memenangkan mendali.” Tuturnya.

Ia akan terus melakukan periksa  rutin untuk melihat perkembangan kesehatannya. Ia juga akan memulai pelatihan berenang setelah mendapat persetujuan dari dokter yang menanganinya.

Nama Rikaki Ikee dikenal pada saat Asian Games musim panas 2018 di Indonesia, diaman ia menjadi wanita pertama yang menyabet enam mendali emas di semau kelas pertandingan dengan total waktu yang sangat singkat. Ia juga memegang rekor nasional untuk gaya bebas kategori 50, 100 dan 200 meter serta gaya kupu-kupu kategori 50 dan 100 meter.

feature image: koam news now