Berita Jepang | Japanesestation.com

Penjaga Pantai Yokohama menyelenggarakan kegiatan guna meningkatkan kesadaran akan keselamatan pengunjung saat sedang bermain di laut dalam rangka merayakan Umi no Hi di Hakkejima Sea Paradise, Yokohama, Prefektur Kanagawa pada Senin (15/7).

Hari ini di Jepang merupakan hari libur nasional dan masyarakat Jepang tengah merayakan Umi no Hi atau Hari Laut. Umi no Hi dirayakan setiap hari Senin minggu ketiga setiap bulan Juli, dan tahun ini jatuh pada 15 Juli.

Melansir ANN News, selama kegiatan Umi no Hi di Yokohama, para penjaga pantai menghimbau masyarakat yang sedang bermain di laut untuk selalu memakai jaket keselamatan dan memantau prakiraan cuaca sebelum bermain ke pantai atau ke laut.

Vessel visits di Tokyo International Cruise Terminal
Vessel visits di Tokyo International Cruise Terminal (TBS News)

Sementara itu, TBS News melaporkan bahwa Tokyo International Cruise Terminal juga merayakan Umi no Hi dengan menyelenggarakan kegiatan vessel visits, di mana pengunjung dapat masuk serta melihat-lihat bagian dalam dari survey ship milik Angkatan Bela Diri Laut Jepang dan kapal kargo milik perusahaan terkemuka di Jepang, termasuk mencoba pengalaman duduk di kursi kapten kapal.

Hari Laut adalah hari libur nasional di Jepang yang dirayakan pada Hari Senin ketiga di Bulan Juli. Menurut hukum liburan publik, Umi no Hi adalah hari untuk bersyukur atas kebaikan laut dan berharap untuk kemakmuran negara kepulauan tersebut. Jepang adalah satu-satunya negara yang memiliki hari libur nasional yang didedikasikan untuk laut.

Sejarah Hari Laut

Hari Kelautan di Jepang mulanya dikenal dengan nama "Hari Peringatan Kelautan" hingga tahun 1996. Sejak tahun 2003, hari ini diperingati pada hari Senin ketiga di bulan Juli. Menurut catatan, Shōzō Murata, Menteri Komunikasi saat itu, menetapkan hari tersebut pada tahun 1941 untuk memperingati Kaisar Meiji dan pelayarannya pada tahun 1876 dengan Meiji Maru, sebuah kapal uap besi yang dibangun di Skotlandia pada tahun 1874.

Pelayaran tersebut termasuk perjalanan mengelilingi wilayah Tohoku dan singgah sebentar di Hakodate sebelum kembali ke Yokohama pada tanggal 20 Juli tahun itu. 
Hari tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional hingga tahun 1995,  menjadi hari libur pertama di bulan-bulan musim panas. Hari Kelautan kemudian diperingati pertama kali pada tanggal 20 Juli 1996, tetapi undang-undang Happy Monday System memindahkan tanggal tersebut ke Hari Senin ketiga di bulan Juli pada tahun 2003 hingga sekarang.