Share on

Pokemon baru saja menjanjikan akan menyumbangkan sebanyak 200.000 USD  kepada organisasi Black Lives Matter dan NAACP dengan masing-masing nantinya akan diberikan 100.000 USD. Pokemon Company baru-baru ini mengeluarkan pernyataan singkatnya melalu akun Twitter Pokemon Amerika Serikat. Permyataan tersebut menekankan bahwa mereka akan bersama-sama berada di samping para karyawan, keluarga yang memiliki ras hitam, serta gerakan Black Lives Matter.

Pernyataan dalam Twitter Pokemon Amerika Serikat juga melakukan ini karena nilai-nilai inti dari perusahaan mereka. Dalam pernyataan, mereka pun menyebutkan, "Kami percaya pada persahabatan, inklusivitas dan juga keadilan... Tidak ada tempat untuk penindasan dan rasisme dalam komunitas kami."

Dalam pernyataan terpisah, developer Pokemon Go yaitu Niantic juga berkomitmen untuk mendukung Black Lives Matter, dengan menjanjikan semua hasil dari Pokemon GO Fest akan diberikan kepada pembuat game keturunan ras kulit hitam dan lembaga swadaya masyarakat (NGO) dengan nilai yang mencapai sekitar 5 juta USD.

Gerakan dan organisasi Black Lives Matter hadir untuk menyuarakan penindasan terhadap kaum kulit hitam di seluruh dunia yang sering kali mendapatkan perlakuan yang sangat tidak manusiawi dari berbagai pihak. Puncaknya adalah pada saat meninggalnya George Flyod karena diperlakukan tidak manusiawi oleh polisi di Amerika dan aksi ini menyebar hingga keseluruh dunia termasuk Jepang dan Indonesia.