Berita Jepang | Japanesestation.com

Akibat pandemi Covid-19, sampai saat ini Jepang masih menutup kedatangan dari luar negeri untuk tujuan wisata. Tapi tampaknya itu tidak akan berlangsung lama lagi, karena kabar baik baru-baru ini datang dari Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Dilansir dari Timeout, Perdana Menteri Jepang mengumumkan bahwa pembatasan perbatasan akan mulai dilonggarkan di musim panas tahun ini. Menurut Kyodo News, Kishida membuat pengumuman tersebut dalam konferensi pers di London pada hari Kamis 5 Mei kemarin. 

Rinciannya belum diungkap, tetapi Kishida mengatakan rencananya adalah berkonsultasi dengan pakar kesehatan dan meninjau langkah-langkah perbatasan Covid-19 'secara bertahap'. Bloomberg melaporkan bahwa, pada konferensi pers sebelumnya di hari yang sama, Kishida mengatakan tujuannya adalah membuat Jepang mudah diakses seperti negara-negara G7 lainnya mulai bulan Juni hingga seterusnya.

Menurut Nikkei, pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk segera mencabut larangan visa turis. Para pejabat ingin melihat apa dampak liburan Golden Week terhadap jumlah kasus virus corona sebelum membuat keputusan dalam waktu dua minggu. Ada kemungkinan perbatasan akan dibuka untuk kelompok wisata terlebih dahulu sebelum dibuka untuk wisata umum di akhir tahun.

Namun, The Japan Times melaporkan bahwa negara tersebut mungkin akan membuka kelompok wisata kecil pada awal bulan ini. Detailnya masih belum jelas, tetapi semoga saja aturan baru ini dapat segera menyambut kita untuk kembali berkunjung ke Jepang.