Share on

Dunia sepak bola dikejutkan oleh munculnya berita mengenai Keisuke Honda yang baru satu minggu menandatangi kontrak untuk merumput bersama tim Melbourne Victory di A-League, Australia. Pasalnya, pesepak bola berusia 32 tahun kelahiran Prefektur Osaka, Jepang, tersebut juga telah menerima tawaran untuk menjadi manajer utama dari tim nasional Kamboja.

Advertise With Us

Keisuke Honda dijadwalkan tiba di Melbourne minggu ini, mantan pemain AC Milan tersebut akan diresmikan dalam peran barunya di konferensi media di Pnomh Penh pada hari Minggu, menandatangani kontrak dua tahun tanpa bayaran. Mesi begitu, Honda yang diprediksi akan mendampingi skuad The Royal Khmers di ajang AFF tahun ini, mengatakan jika dirinya hanya menerima biaya tanggungan transportasi dan tidak menerima hal lain selama menjadi manajer tim nasional Kamboja.

Honda sendiri telah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Jepang setelah kekalahan Samurai Biru di babak 16 besar Piala Dunia di Rusia kemarin. Sosoknya diharapkan mampu membantu tim nasional Kamboja di turnamen AFF Suzuki Cup, yang diikuti oleh 10 tim Asia Tenggara, yang berlangsung antara tanggal 8 November dan 15 Desember mendatang.

Tidak dijelaskan bagaiamana sang gelandang pencetak gol cantik tersebut akan membagi waktunya, namun, situs A-League.com mengatakan jika Keisuke Honda akan melakukan video call seminggu sekali dengan tim dan staf Kamboja dari Melbourne. "Saya ingin membantu tim nasional Kamboja untuk memiliki satu gaya bermain yang jelas dan mempromosikan negara ini ke dunia luar," ucap Honda melalui seorang penerjemah.

Honda, yang memiliki 98 capps bersama tim nasional Jepang dan bermain untuk beberapa klub ternama seperti AC  Milan dan CSKA Moscow selalu tampil mengesankan di sepanjang karirnya, telah membuka akademi sepakbola di Phnom Penh pada tahun 2016 silam.

Sao Sokha, presiden Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) mengatakan, "Saya berharap bahwa pengalaman dari bintang internasional (Keisuke Honda) akan dapat membantu meningkatkan teknik pemain tim nasional kita dan hasil pertandingan akan lebih baik dari sebelumnya." Kamboja sendiri saat ini berada di peringkat ke-166 di dunia versi FIFA, di mana hasil terbaik mereka dalam turnamen internasional adalah meraih tempat keempat di Piala Asia 1972 di Thailand.