Share on

Mulai bulan Oktober, maskapai penerbangan Japan Airlines akan mengubah sapaan kepada penumpang dalam bahasa Inggris. Panggilan "ladies and gentlemen" tidak akan digunakan lagi dalam pengumuman berbahasa Inggris. Kebijakan tersebut dilakukan bertujuan untuk menghormati kaum LGBT.

Advertise With Us

Berkenaan dengan deklarasi "mendukung keberagaman" oleh Japan Airlines pada tahun 2014, deklarasi tersebut mengumumkan akan membuat lingkungan yang nyaman bagi semua penumpang, tidak memandang jenis kelamin, usia, kewarganegaraan, etnis, agama, disabilitas, dan orientasi seksual.

Oleh karena itu, panggilan penumpang akan diubah agar kaum LGBT yang menganggap dirinya bukan laki-laki atau perempuan merasa nyaman.

Sebelumnya, dalam pengumuman berbahasa Inggris di pesawat Japan Airlines, penumpang dipanggil dengan "ladies and gentlemen." Hal tersebut berlaku untuk semua pengumuman yang ada di pesawat, mulai dari boarding hingga mendarat kembali di semua penerbangan internasional ataupun domestik. Kebijakan ini akan berakhir pada akhir September.

Mulai tanggal 1 Oktober nanti, panggilan terhadap penumpang akan diubah menjadi "all passengers" (semua penumpang) atau "everyone" (semuanya). Sementara itu, panggilan dalam bahasa Jepang tidak berubah, mengingat panggilannya sudah netral dari identifikasi jenis kelamin (Okyaku-sama=Para pelanggan/penumpang).

Di sisi lainnya, maskapai penerbangan All Nippon Airways, saingan Japan Airlines, mengumumkan akan melakukan hal yang serupa dengan Japan Airline mengingat adanya masukan dari pelanggan.