Berita Jepang | Japanesestation.com

Hujan lebat melanda Prefektur Shimane dan daerah Jepang barat lainnya pada hari Sabtu kemarin, dengan pemerintah setempat memperingatkan kepada sekitar 370.000 penduduk di dua kota tersebut untuk mengungsi dari rumah mereka.

Di kota Izumo, setidaknya telah terjadi 15 kali tanah longsor, dan 20 lokasi terkena dampak luapan sungai. Dengan jalan terputus, empat area di kota itu diisolasi meskipun jalur kehidupan tetap utuh, menurut pemerintah prefektur dan kota. Terdapat laporan tentang sebuah mobil jatuh ke sungai di kota itu, dan polisi serta penyelamat setempat mengatakan mereka saat ini sedang mencari pengemudinya.

Di Shimane, Izumo mengalami curah hujan 109 milimeter dalam periode enam jam pada hari Sabtu, sementara tetangganya Matsue mencatat curah hujan 95,5 mm, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Dengan curah hujan musiman yang bertahan di kepulauan Jepang, badan tersebut menyerukan untuk berhati-hati, terutama di wilayah barat, barat daya dan tengah Jepang, di mana badai mungkin terjadi pada hari Minggu, kata badan meteorologi tersebut.