Share on

Sumo (相撲) seperti yang kita tahu, adalah salah satu olahraga khas Jepang yang terkenal akan petarungnya yang bertubuh besar, dimana mereka bertanding satu sama lain dengan tujuan untuk menjatuhkan lawan keluar dari ring arena pertandingan. Mereka juga menggunakan penutup kain bernama mawashi (廻し) yang mirip dengan celana dalam. Kita juga tahu kalau para pegulatnya disebut dengan rikishi (力士). Tetapi, selain hal tersebut, ada banyak fakta-fakta menarik mengenai sumo yang mungkin belum kalian ketahui!

Advertise With Us

Fakta Menarik Sumo Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(gambar: Better Than Bacon/flickr)

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang sumo yang mungkin belum kalian ketahui :

Jadwal Pertandingan

Pertandingan sumo diadakan enam kali setiap tahunnya dimana setiap kompetisi diselenggarakan selama 15 hari yang juga disebut dengan basho (場所). Pertandingan sumo ini diselenggarakan pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, dan November. Setiap basho juga sudah ditentukan prefektur yang akan menyelenggarakannya. Bulan Januari, Mei, dan September akan diselenggarakan di Tokyo, Maret di Osaka, Mei di Nagoya, dan November di Fukuoka.

Mawashi

Fakta Menarik Sumo Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(sumber : sumoforum)

Mawashi (廻し) adalah penutup kain yang dikenakan para rikishi. Mawashi ini terbuat dari kain sutra dan memiliki panjang hingga 9 meter dan lebar 60 sentimeter. Kain ini lalu dilipat enam lalu dilitkan ke tubuh sang rikishi 4-7 kali.

Gaya Rambut

Fakta Menarik Sumo Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(gambar: sumo-webpaper)

Gaya rambut rikishi juga sangat khas, dengan bagian belakang rambut yang panjang tetapi diikat kedepan. Gaya rambut ini disebut dengan chonmage (丁髷) yang juga dikenakan oleh para samurai pada masa lalu. Para rikishi yang sudah memiliki gelar atau status yang lebih tinggi, boleh mengikat rambutnya kedepan sedikit berbeda, dengan bentuk ikatannya yang menyerupai daun ginkgo atau menyerupai kipas.

Kewarganegaraan

Fakta Menarik Sumo Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(gambar: revista110)

Rikishi yang bertanding juga tidak hanya berasal dari Jepang saja, ada banyak juga para rikishi dari negara-negara lain, seperti Mongolia, Bulgaria, Brazil, dan lain sebagainya. Meski begitu, dulu sempat terjadi masalah karena semakin banyaknya rikishi dari luar negeri, hingga akhirnya dibuatkanlah aturan bahwa yang bertanding di dalam ring salah satunya harus berkewarganegaraan Jepang.

Wasit

Fakta Menarik Sumo Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
(gambar: sumoforum)

Wasit sumo, atau Gyouji (行司) yang mengadili pertandingan sumo mengenakan pakaian yang berwarna cerah, akan memimpin jalannya pertandingan sumo dengan meneriakkan info kepada para rikishi tentang jalannya pertandingan dan juga menyemangati para rikishi yang sedang bertarung. Selain itu, gyouji juga membawa sebuah tanto atau pedang kecil yang disimpan di pinggang yang memiliki tujuan simbolik bahwa mereka siap untuk memberikan segalanya, alias melakukan seppuku apabila jalannya pertandingan yang mereka pimpin tidak berjalan dengan baik. Tetapi, apabila gyouji melakukan banyak kesalahan, mereka tidak benar-benar akan melakukan seppuku tetapi akan mengundurkan diri saja.

  Featured image : tokyocreative Sumber : jw-webmagazine, tokyocreative