Berita Jepang | Japanesestation.com

Banyak department store dan retailer di Jepang telah memulai campaign pemberian hadiah tahun baru (oseibo) dan fukubukuro (lucky bag) tahun baru mereka, menerima order lebih cepat dari biasanya.

Dilansir dari, Japan Today hal tersebut dilakulan karena para retailer berharap para konsumen akan memesan oseibo dan fukubukuro lebih awal untuk menghindari antrian di toko-toko yang berpotensi meningkatkan risiko penyebaran virus corona. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan berbagai produk makanan gourmet agar para keluarga dapat menikmati makanan lezat di rumah mereka karena banyak keluarga yang memilih untuk tidak makan di luar rumah seperti sebelum masa pandemi berlangsung.

Bahkan, beberapa department store di seluruh Jepang memasukkan menu-menu signature dari restoran lokal ternama dalam daftar hadiah mereka.

Fukubukuro sendiri biasanya baru dijual pada beberapa hari pertama di Tahun Baru. Lucky bag ini memang merupakan sebuah tradisi tahun baru Jepang di mama berbagai toko dan department store akan mengisi berbagai kantong dengam barang-barang sisa tahun lalu secara acak dan menjualnya dengan harga diskon.

Konon, tradisi ini berasal dari sebuah peribahasa Jepang yang berbunyi, "Nokorimono ni wa fuku ga aru" atau "Ada keberuntungan dalam barang sisa." Harga barang-barang sisa ini biasanya mencapai 50% lebih murah dari harga jualnya. Harganya sendiri bervariasi, mulai dari 5000 yen hingha ratusan atau ribuan yen dan bisa saja lebih tinggi lagi di toko barang bermerk.