Berita Jepang | Japanesestation.com

Hanami atau acara melihat bunga di Jepang memang bukanlah hal aneh untuk dilakukan saat musim semi. Sayangnya, gara-gara COVID-19 yang masih menyerang Jepang hingga kini, musim semi kali ini kemungkinan harus dilalui tanpa adanya hanami untuk mencegah penyebaran virus makin meluas. Namun tenang saja, ada cara baru untuk melihat bunga sakura tanpa harus datang ke taman, yaitu dengan dekorasi rumah dari bunga sakura yang sedang in!

Ya, melansir Mainichi, penjualan bunga sakura sebagai dekorasi rumah sedang booming di Jepang karena pandemi memaksa mereka untuk menghindari acara hanami di taman-taman Jepang.

Nah, bunga sakura sebagai dekorasi rumah diproduksi oleh Hibiya Kadan, retailer yang berbasis di Distrik Minato di Tokyo. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan yang menawarkan rangkaian bunga dan produk lainnya untuk mendekorasi rumah. KIni, mereka memiliki sebuah special corner di toko mereka dengan berbagai pot bunga sakura jenis asahiyama-zakura dan keio-zakura.

Di Tokyo sendiri, pesta yang melibatkan makan dan minum bersama di area seperti taman yang biasa dipakai sebagai lokasi hanami kini dilarang oleh pemerintah karena ibu kota Jepang tersebut masih berada dalam status darurat.  

Hal itulah yang membuat Hibiya Kadan laku keras diserbu oleh para konsumen yang membeli bunga sakura dekoratif karena ingin melakukan hanami di rumah mereka. Penjualan pot bunga sakura via toko daring milik Hibiya Kadan pun meningkat hingga 2 kali lipat pada tahun lalu.

“Kami ingin agar para konsumen dapat mendekorasi rumahnya dengan sakura dan bunga musiman lainnya dan memperbanyak waktu mereka di rumah,” ujar Rie Yokoi, perwakilan humas di Hibiya Kadan.

Ternyata tak perlu hanami di taman ya?