Share on
Tokyo Summer Olympic 2020 akan dimulai beberapa bulan lagi, dan setiap empat tahun, selalu ada cabang olahraga baru yang masuk dan keluar. Dalam Summer Olympic ke-32 ini, apa saja lima cabang olahraga yang akan memulai debutnya?

1. Karate

Karate Mengejutkan ya, mengingat umur bela diri yang satu ini terbilang cukup tua. Dalam Tokyo Summer Olympic 2020, karate secara resmi masuk ke dalam salah satu dari 33 cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti. Karate adalah seni bela diri campuran (mixed martial arts) asal Jepang yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan seperti pukulan, tendangan, serangan lutut, serangan siku serta teknik-teknik serangan dengan tangan terbuka. Ada dua kategori yang akan dipertandingkan, yaitu kata dan kumite. Pada kategori kata, akan ada masing-masing satu kelas berat badan, sedangkan kategori kumite akan dibagi menjadi tiga kelas berat badan baik untuk pria maupun wanita.

2. Baseball/Softball

Dari Karate Hingga Skateboard, Inilah 5 Cabang Olahraga Terbaru di Tokyo Olympic 2020
Baseball
Baseball sudah sangat populer di Jepang sejak lama sampai-sampai masyarakat Jepang mempunyai istilah khusus untuk olahraga ini, yaitu yakyuu. Pertandingan baseball dilakukan antara dua tim, di mana masing-masing tim berjumlah sembilan orang. Tim akan memainkan posisi offense dan defense secara bergantian hingga tim dengan poin run terbanyaklah yang keluar sebagai pemenang. Olahraga ini menggunakan beberapa perlengkapan seperti bat, ball & glove. Softball sendiri adalah variasi baseball yang akan dimainkan oleh tim wanita.

3. Sport Climbing

Dari Karate Hingga Skateboard, Inilah 5 Cabang Olahraga Terbaru di Tokyo Olympic 2020
Sport Climbing
Sport climbing adalah salah satu dari cabang olahraga rock climbing. Pada olahraga ini, atlet akan berkompetisi di dinding panjat buatan. Ada tiga kategori yang dipertandingkan, yaitu bouldering, lead climbing dan speed climbing.

4. Surfing

Dari Karate Hingga Skateboard, Inilah 5 Cabang Olahraga Terbaru di Tokyo Olympic 2020
Surfing
Kejuaraan dunia surfing atau selancar telah banyak diadakan, dan orang-orang semakin meminati olahraga ini. Maka dari itu, untuk mengikuti perkembangan zaman modern, maka komite dari Tokyo Olympic 2020 kali ini memasukkan selancar sebagai salah satu olahraga resmi yang akan dipertandingkan. Meskipun ada banyak kolam dengan teknologi ombak buatan, cabang olahraga selancar akan dipertandingkan di Tsurigasaki Surfing Beach, sehingga para atlet benar-benar akan "mengendarai" ombak asli.

5. Skateboarding

Dari Karate Hingga Skateboard, Inilah 5 Cabang Olahraga Terbaru di Tokyo Olympic 2020
Skateboarding
Olahraga ini sudah populer sejak tahun 80-an, dan identik dengan papan beroda dan trik-trik yang dapat dilakukan. Skateboard telah menjadi salah satu bagian penting dari masyarakat urban dunia. Dan, untuk menarik minat generasi millenial, Tokyo Summer Olympic 2020 pun memasukkan olahraga ini. Terdapat dua kategori yang akan dipertandingkan untuk olahraga ini, yaitu street (pria/wanita) dan park (pria/wanita) Sumber : Tokyo 2020 & Grit Daily