Berita Jepang | Japanesestation.com

Mantan juara dunia bulu tangkis, Kento Momota, mengumumkan akan pensiun dari tim nasional Jepang pada Kamis (18/04). Pria berusia 29 tahun ini mengatakan akan tetap mewakili Jepang di kompetisi Thomas & Uber Cup 2024 mendatang, sekaligus menjadi kompetisi terakhirnya di dunia internasional.

Kento Momota saat konferensi pers pengumuman pensiunnya (Kyodo via Mainichi).
Kento Momota saat konferensi pers pengumuman pensiunnya (Kyodo via Mainichi).

Momota berhasil dua kali memenangkan kejuaraan dunia di tahun 2018 dan 2019 sekaligus menjadi orang Jepang pertama yang memenangkan kejuaraan. Namun cedera yang dialaminya setelah kecelakaan fatal di Malaysia awal tahun 2020 lalu membuat performanya menurun. Momota mengalami penglihatan ganda dan memerlukan operasi setelah kecelakaan.

Cedera yang dimiliki mantan pemain nomor satu di dunia ini membuatnya gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024. Momota menyadari jika kualitas performanya sulit untuk kembali seperti semula. Meski begitu, Momota menyampaikan rasa puas dan kebanggaan atas karirnya bersama tim nasional.

Momota melakukan debut Olimpiade di Tokyo meski tersingkir lebih awal. Momota mengungkapkan akan tetap terus bermain di kejuaraan nasional dan liga profesional dalam negeri.