Berita Jepang | Japanesestation.com

Terkadang penjadi pengumpul sampah atau pekerjaan di bidang sanitasi adalah pekerjaan yang memiliki kesempatan untuk menemukan barang-barang yang 'ajaib' di antara tumpukan sampah. Sebagai contohnya adalah kasus yang terjadi di Sapporo, Jepang ini. Seorang pekerja sanitasi ini menemukan uang  sebesar 10 juta yen (sekitar 1 milyar lebih dalam rupiah) di antara tumpukan sampah!

Pada tanggal 30 January, sang pekerja tersebut sedang memisahkan kertas daur ulang dari sisa sampah yang dapat dibakar di daerah Nishi dan Teine, Sapporo. Disanalah mereka menemukan tumpukan uang tersebut dan segera melaporkannya ke balai kota.

10 juta yen ditemukan di tempat sampah Jepang
10 juta yen ditemukan di tempat sampah Jepang (source: Pakutaso)

Menurut hukum Jepang, biasanya apabila terjadi kasus seperti ini hak pemilik aslinya akan diberikan waktu 3 bulan untuk mengklaim kepemilikannya. Selama waktu tersebut ada 16 upaya untuk melakukannya. Apakah mungkin yang menaruh 10 juta yen ini dalam bungkusan koran merupakan seseorang yang menderita demensia atau tidak secara sengaja membuangnya.

Namun, dalam setiap kasus, para penggugat tidak dapat menjelaskan secara akurat uang atau kondisi yang ditemukan. Jadi , pada tanggal 30 April kemarin, kepemilikan uang tersebut akan diberikan ke pihak kota Sapporo. Akan tetapi, para pembaca berita merasa bahwa pekerja yang menemukan uang tersebut setidaknya harus mendapatkan bagian darinya.

Meskipun tidak ada hadiah untuk pekerja yang dilaporkan, tapi mungkin saja mereka diberikan beberapa hadiah. Seorang pejabat kota Sapporo mengatakan kepada media bahwa mereka belum memiliki rencana untuk mendapatkan uang tersebut Tapi dari hal ini, kita diingatkan untuk kita pandai pandai memilah sampah milik kita. Bukan hanya karena kewajiban kita sebagai warga negara, tapi karena kita tidak pernah tahu kapan sesuatu yang berharga mungkin saja bisa tercampur dalam sampah kita.