SHARE THIS ARTICLE

Musim panas di Jepang bisa mengecewakan. Musim semi yang indah dimulai dengan musim hanami pada akhir Maret / awal April. Ada sekitar 8 minggu cuaca bagus diikuti oleh musim hujan 6 minggu. Setelah itu Jepang menjadi sangat panas dan lembab untuk sisa musim panas.

Rain in Japan (1)Tanggal-tanggal Musim Hujan
Kata Jepang untuk musim hujan adalah tsuyu (梅雨) ~Secara harfiah “hujan plum”. Musim hujan bertepatan dengan pematangan buah plum di Jepang. Tanggal yang tepat bervariasi menurut tahun dan lokasi.

Okinawa: awal Mei ~ akhir Juni
Kyushu: akhir Mei ~ pertengahan Juli
Shikoku: awal Juni ~ pertengahan Juli
Osaka, Kyoto, Kobe: awal Juni ~ pertengahan Juli
Tokyo, Yokohama, Chiba: awal Juni ~ akhir Juli
Tohoku: pertengahan Juni ~ akhir Juli
Hokkaido: tak ada musim hujan

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan awal dan akhir musim setiap tahun. Ini sangat melegakan bagi semua orang jika sudah selesai.

Apa yang dapat diharapkan
Musim hujan terjadi ketika udara dingin dari Utara dan udara hangat dari Selatan berkumpul pada akhir musim semi dan awal musim panas. Efek utamanya adalah cuaca yang berawan.

Hujan tidak semuanya buruk selama musim hujan. Misalnya, Tokyo mendapat lebih banyak hujan pada bulan September dibandingkan dengan bulan-bulan musim hujan (Juni 167,7 mm, September 209,9 mm). Namun, ada jam-jam matahari bersinar jauh lebih banyak pada bulan September dari bulan Juni atau Juli.

Namun demikian, hujan merupakan hal yang besar di musim hujan. Hal ini juga terasa seolah-olah selalu mendung dan kelabu.

Rain in Japan (2) Bepergian selama musim hujan
Tidak ada waktu yang buruk untuk mengunjungi Jepang. Biasanya, anak-anak sekolah di Jepang masih berada di sekolah selama musim hujan – yang berarti bahwa harga-harga terasa wajar dan berbagai atraksi tidak terlalu ramai.

Agustus terasa sangat panas dan lembab di Jepang. Harga-harga meningkat secara dramatis pada bulan Agustus karena libur sekolah dan libur Obon.

Jika Anda tidak keberatan membawa payung – Anda dapat menghemat banyak uang dengan bepergian selama musim hujan. Hal ini tergantung pada selera pribadi Anda – beberapa orang menikmati berbagai kegiatan seperti onsen dalam hujan.

Cuaca buruk lainnya
Perlu diingat bahwa musim topan di Jepang adalah Mei – Oktober. Topan paling mungkin untuk menyerang pada bulan Agustus dan September.

Rata-rata 3 topan melanda Jepang secara langsung dan 11 lainnya sangat mempengaruhi cuaca Jepang setiap tahun.

Source : japan-talk.com
COMMENT