SHARE THIS ARTICLE

train-museum-saitama-japanMuseum Kereta Api, di prefektur Saitama di sisi Tokyo, adalah tempat yang bagus untuk berkunjung bagi mereka yang mengunjungi Jepang. Ada begitu banyak untuk dilihat. Museum ini melintasi sejarah kereta api Jepang secara keseluruhan. Anda dapat melihat total 37 kereta api, misalnya kereta paling awal yang digunakan di Jepang seperti Locomotive No. 1, kereta rakitan Inggris, yang digunakan pada jalur Shinbashi-Yokohama pada tahun 1872 dan sekarang menjadi properti budaya penting serta menjadi monumen kereta api, dan kereta yang digunakan dalam pengembangan Hokkaido. Dan Anda dapat melihat banyak kereta yang digunakan sebagai jaringan dalam pengembangan kereta api selama periode Taisho. Serta ada beberapa gerbong yang digunakan oleh keluarga kerajaan Jepang.

train-museum-saitama-japan1Saat Anda memasuki museum, di sebelah kanan menuju “History Zone“, tempat kereta-kereta ditampilkan dan yang pertama akan Anda lihat adalah kereta uap awal, lalu Anda akan pindah ke era elektrik dan akhirnya ke era Shinkansen. Dan ada begitu banyak lagi yang dapat Anda lihat. Ada model kereta api yang besar, salah satu dari diorama kereta api dengan skala terbesar di Jepang yang bahkan memiliki acara penyalaan khusus yang menampilkan kereta-kereta yang beroperasi pada waktu yang berbeda dalam sehari. Ada juga simulator kereta api (dengan biaya 500 Yen dan Anda perlu membuat reservasi). Dan di luarnya juga ada miniatur jalur kereta api (dengan biaya 200 Yen ditambah reservasi jika diperlukan) yang akan membawa Anda melalui miniatur jalur-jalur yang berhenti di miniatur stasiun-stasiun yang ditemukan di Tokyo. Segala sesuatu yang memerlukan reservasi, bisa dipesan di pintu masuk utama.

train-museum-saitama-japan4train-museum-saitama-japan6train-museum-saitama-japan5Museum ini begitu menyenangkan. Semuanya berpusat di sekitar siapa saja yang memiliki minat terhadap kereta. Beberapa kereta yang lebih kecil memiliki trotoar di bawahnya sehingga Anda bisa benar-benar mendekat dan melihat apa yang membuatnya bergerak. Ada banyak model yang ditempatkan di seluruh pameran dan semuanya dirakit dengan hati-hati dan penuh perhatian terhadap detailnya. Ada juga sebuah dek untuk melihat di lantai tiga tempat Anda dapat menonton kecepatan Shinkansen yang melintas. Kereta-kereta tersebut datang sangat teratur, pada saat puncak kereta tersebut datang sekitar sekali setiap lima atau sepuluh menit. Dan untungnya karena peraturan kebisingan di sini mereka melakukan perjalanan sedikit lebih lambat dari biasanya sehingga Anda akan memiliki waktu untuk berkesempatan berfoto yang baik.

train-museum-saitama-japan3Dan jika Anda merasa lapar, ada banyak yang dapat Anda makan! Anda bisa makan di salah satu restoran di dalam gedung atau Anda dapat membeli, “ekiben” (Makan siang kemasan yang dijual di berbagai stasiun – yang sangat populer di Jepang). Setelah Anda membeli ekiben Anda, Anda bisa memakannya di dalam gedung (lantai 3 dengan area tampilan Shinkansen di luar jendela sangat menakjubkan) atau Anda dapat pergi ke luar ke salah satu kereta yang khusus ditujukan bagi orang-orang untuk makan siang.

train-museum-saitama-japan2Bagi mereka yang cinta kereta uap – sorotan setiap harinya tanpa diragukan lagi adalah lokomotif uap turntable A Class C57 No. 135 dan demonstrasi meniup peluit (dua kali sehari, pada siang hari dan kemudian jam 3 sore). Kereta ini selalu mengumpulkan kerumunan besar di museum, terutama untuk anak-anak atau siapa saja yang dibesarkan dengan jenis kereta ini. Para kru, dengan pakaian sesuai periodenya yang otentik, meniup peluit secara berkala saat kereta melakukan putaran penuh 360 derajat. Anak-anak menyukai peluit tersebut, karena suaranya yang sangat keras.

train-museum-saitama-japan8Tampilan dari kereta lokomotif uap Class C51 semuanya diletakkan sangat baik. Setiap stasiun ditempatkan di “stasiun”nya sendiri. Stasiun-stasiun tersebut seluruhnya didasarkan pada berbagai tempat yang nyata. Jadi satu kereta mungkin terletak pada, “station Shinbashi” (pusat kota Tokyo) dan kereta berikutnya mungkin di beberapa “stasiun”, di pedesaan.

train-museum-saitama-japan7Ingatlah bahwa jika Anda pergi, sisakan banyak waktu untuk itu karena museum ini sangat besar dengan luas hampir 800 meter. Kereta-kereta tersebut, tampilan-tampilannya dan segala sesuatu yang Anda dapat lihat dan lakukan di sana akan memakan banyak waktu. Dan meskipun penjelasannya sebagian besar dalam bahasa Jepang, ada beberapa yang dalam bahasa Inggris untuk menjaga agar semua orang puas.

train-museum-saitama-japan9Anda dapat melihat homepage museum ini dalam bahasa Inggris di sini.

(Source: aroundtokyo.net)

Source : aroundtokyo.net
COMMENT