SHARE THIS ARTICLE

Tanggal 27 Maret kemarin, Minami Takahashi lulus dari AKB48 dan telah menggelar konser kelulusannya yang bertajuk “Shuku Takahashi Minami Sotsugyou ‘148.5cm no Mita Yume” di Yokohama Stadium, Yokohama, Jepang. Di akhir bagian utama konser kelulusannya, Minami Takahashi yang akrab disapa Takamina kembali muncul setelah menanggapi suara panggilan encore dari para penonton dan ia berdiri sendirian di panggung sambil menyampaikan perasaan terima kasihnya. Sambil meneteskan air mata, Takamina mengucapkan pidatonya di hadapan para penggemar.

(C)ORICON NewS inc.
Minami Takahashi (C)ORICON NewS inc.

Seperti dikutip dari oricon.co.jp dan mantan-web.jp, dalam pidatonya, Minami Takahashi menyatakan bahwa pertama kali dalam hidupnya ia telah berusaha keras menjadi nomor satu di AKB48 selama 10 tahun sejak ia masih berusia usia 14 tahun hingga kini berusia 24 tahun. Ada banyak hal yang menyenangkan, ada banyak hal yang terasa sulit, bertemu dengan banyak anggota, mengalami perpisahan, merasa tertinggal sendiri yang membuatnya menangis, yang begitu menyakitkan sehingga ia berkata pada dirinya mungkin sebaiknya ia berhenti. Suatu ketika Takamina pernah mengatakan hal itu kepada ibunya.

Tapi, Takamina tidak berhenti pada waktu itu karena ia mencintai AKB. Ia sendiri suka dengan dirinya yang berjuang keras untuk AKB. Ia ingin menjadi anggota dari idol group tersebut dan bersama-sama selamanya. Tapi, kita semua tahu bahwa itu tidak bisa. Justru karena ia suka, maka ia harus melanjutkan jalannya ke depan begitu melihat rekan-rekannya yang telah lulus sebelumnya. Takamina melanjutkan bahwa ada banyak hal yang ia juga ingin lakukan dan ingin mencobanya sendiri.

Takamina kemudian berterimakasih kepada setiap orang yang telah datang, semua orang yang mencintai grup 48, para anggota lainnya yang selalu mendengarkan ceritanya yang panjang, tim panggung, tim kostum dan make-up, tim produksi film, tim manajer dan staf, dan akhirnya Yasushi Akimoto-sensei. Usai berpidato, Takamina lalu menyanyikan lagu kelulusannya yang berjudul “Senaka Kotoba,” lagu yang terdapat dalam single ke-42 dari AKB48 bertajuk “Kuchibiru ni Be My Baby.”

Minami Takahashi & Atsuko Maeda (C)ORICON NewS inc.
Minami Takahashi & Atsuko Maeda (C)ORICON NewS inc.

Di konser kelulusan Takamina ini juga turut hadir para anggota AKB48 lainnya yang telah lulus sebelumnya seperti Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Mariko Shinoda, dan Tomomi Itano. Dalam konser kelulusannya, Takamina menyanyikan sebanyak 31 lagu seperti “Aitakatta,” “Flying Get,” dan lainnya, juga lagu lagu dari unitnya, No3b, bersama Haruna Kojima dan Minami Minegishi, serta 3 lagu encore yaitu “Senaka Kotoba,” “Sakura no Ki ni Narou,” dan “Sakura no Hanabiratachi.”

Minami Takahashi bersama Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Mariko Shinoda, dan Tomomi Itano (C)ORICON NewS inc.
Minami Takahashi bersama Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Mariko Shinoda, dan Tomomi Itano (C)ORICON NewS inc.
Minami Takahashi bersama Haruna Kojima dan Minami Minegishi (C)ORICON NewS inc.
(C)ORICON NewS inc.

Setelah lulus, Takamina akan merilis album solo pertamanya pada musim gugur tahun ini, yang saat ini judulnya belum diketahui. Album pertamanya itu akan digarap oleh Noriyuki Makihara, Toshihiko Takamizawa (THE ALFEE) dan Kaoru Kishitani (ex-Princess Princess). Pada bulan April 2013, selama masih tergabung dalam AKB48, Takamina pernah merilis single solonya berjudul Jane Doe.

Sotsugyou Omedetou Takamina-san! Terima kasih telah menjadi inspirasi bagi impian dan harapan dari banyak orang. Selamat menempuh jalan baru di dunia musik. Usaha keras itu tak akan mengkhianati!

(Featured image source: entame.yahoo.co.jp)

Sources :
COMMENT